Awal yang Membanggakan

Jumat (17/10) pukul 08.00 WIB tiga orang anggota baru Gugus Komunitas Speaking Club (SC) Koperasi Kopma UGM bertolak ke Sekolah Tinggi Multimedia MMTC Yogyakarta untuk mengikuti lomba PARD 2 (Public Announcers Radio’s Day). Acara tersebut diadakan dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda. Mereka adalah Endah Nur Hayati, Dwi Thia Putri, dan Anis Siti Nurjanah. Informasi lomba secara tidak sengaja didapat dari Nur Hasanah, Staf Adminkeu SC yang membaca posternya di Kafetaria Kopma UGM.

Sesampainya di lokasi, mereka langsung melakukan daftar ulang dan menentukan nomor urut lomba di meja resepsionis. Menjelang pukul 09.00 WIB para peserta masuk ke studio TV untuk mendengarkan materi singkat tentang dasar-dasar kepenyiaran radio oleh Bagas Wicaksono dari radio JizFM. Materi tersebut diharapkan dapat menambah kepercayaan diri para peserta sebelum berlomba. Pukul 10.00 WIB para peserta mulai dipanggil satu persatu ke ruangan lomba. Mereka akan menunjukkan kebolehan berbicara layaknya penyiar radio di hadapan 3 orang juri. Setiap peserta diberi waktu 5 menit untuk membacakan berita dan siaran tanpa teks dengan tema yang telah ditentukan.

Keesokan harinya, Sabtu (18/10) pukul 18.00 WIB digelar acara puncak Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Sekolah Tinggi Multimedia MMTC Yogyakarta, sekaligus pengumuman lomba penyiar. Tidak disangka nama Dwi Thia Putri keluar sebagai Juara I Lomba PARD 2, dan berhak atas sertifikat, piala, beserta sejumlah uang pembinaan. Perlu diketahui bahwa Dwi Thia Putri, atau akrab disapa Thia adalah anggota baru SC hasil recruitment Diksar 108 lalu. Hasil tersebut jauh dari perkiraan karena tujuan utama SC mengikuti lomba tersebut sebatas sarana meng-upgrade diri untuk mengembangkan broadcast SC di Pink Box. Sebelumnya, satu minggu menjelang hari-H lomba penyiar, teman-teman SC mempersiapkan diri dengan beberapa kali berlatih di Pink Box tentang teknik-teknik membaca berita dan siaran.
SC tidak ingin cepat berpuas diri karena telah memenangkan lomba penyiar PARD 2. Persaingan di ranah public speaking sangatlah ketat. Perjalanan SC masih panjang untuk menghasilkan MC, broadcaster, dan reporter yang berkualitas. Kemenangan ini akan menjadi pendorong semangat SC untuk terus berusaha memberikan performa terbaik di setiap kesempatan.

Rahmawati Ayu P. A
Ketua SC