Pendidikan Dasar Perkoperasian Koperasi (Diksarkop) “Kopma UGM” kembali dilaksanakan untuk keempat kalinya di tahun 2014. Acara ini diikuti oleh lebih dari 100 calon anggota yang berasal dari UGM maupun dari luar UGM. Acara dilaksanakan pada hari Sabtu—Minggu, 29—30 November 2014 di lingkungan kampus Universitas Gadjah Mada.

Hari pertama Pendidikan Dasar Perkoperasian ke-109, bertempat di Auditorium D3 Teknik Mesin UGM. Peserta Diksarkop dibagi menjadi 15 kelompok. Nama setiap kelompok sesuai dengan tema Diksarkop 109 yakni “Menyongsong Dunia bersama Koperasi”. Kegiatan dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne Gadjah Mada dan Mars Koperasi “Kopma UGM”. Selanjutnya peserta mendapatkan materi tentang perkoperasian yang diisi oleh kepengurusan staf koperasi “Kopma UGM”. Materi yang disampaikan antara lain: Pembukaan, Sejarah dan Identitas, Part-timer, Peran Anggota Koperasi, dan Kewirakoperasian. Setelah peserta mendapatkan materi, acara dilanjutkan dengan pengenalan pengurus Koperasi “Kopma UGM” periode 2014/2015, orasi calon ketua Diksarkop 110, dan ditutup dengan pentas seni yang ditampilkan oleh masing-masing kelompok peserta Diksarkop 109.

Hari kedua dimulai dengan kegiatan senam bersama yang dilaksanakan di dalam ruang anggota dan ruang sidang Koperasi “Kopma UGM”. Senam dilaksanakan di dalam ruangan karena turun hujan. Meski hujan, peserta tetap semangat mengikuti senam yang dilakukan di dalam ruangan. Setelah senam, peserta dibagi menjadi 10 kelompok untuk mengikuti kegiatan selling contest di sekitar area Masjid Kampus UGM. Pada kegiatan selling contest ini, peserta dilatih untuk berwirausaha. Kegiatan dilanjutkan dengan outbond yang dipandu oleh gugus Trainer Community.

            Pendidikan koperasi juga memperkenalkan kegiatan apa saja yang ada bagi pengembangan anggota. Kegiatan ini dinamakan open house gugus dan komunitas yang diisi oleh beberapa gugus dan komunitas di Koperasi “Kopma UGM”. Acara dilanjutkan ritual, tukar kado dan pembagian juara. Selain itu juga ada pengumuman putra dan putri Diksar yaitu Bima dan Astrid Erasari. Sebelum berfoto bersama, pemilihan ketua Diksarkop selanjutnya yaitu terpilih Amir Mugozin. Semoga apapun yang diberikan pada pendidikan perkoperasin ini dapat bermanfaat bagi semuanya. #AkuCintaKoperasi