Diskusi dan Suksesi Gerakan Cinta Koperasi “Kopma UGM” 2015/2016

SAM_0050

Yogyakarta-Sabtu, 28 Februari 2015, Gerakan Cinta Koperasi (GCK) Koperasi “Kopma UGM” kembali mengadakan diskusi sekaligus suksesi pada tanggal 25 Mei 2015 pukul 15.30 hingga 18.30 WIB di Ruang Sidang Koperasi “Kopma UGM” dan dihadiri oleh 12 orang. Pembicara dalam acara diskusi kali ini adalah Lido de Rio yang tidak lain juga merupakan pengelola GCK Koperasi “Kopma UGM” periode 2014/2015 bidang Kajian dan Strategi. Tema diskusi yang dibahas kesempatan waktu itu ialah “Sukses Bisnis Kapitalis”.

Dalam diskusi tersebut, Lido menjelaskan mengapa bisnis kapitalis begitu sukses hingga saat ini?

  1. Perusahan kapitalis “memakan” perusahan kecil dalam hal ini dapat diartikan perusahaan kapitalis berusaha untuk menumbangkan perusahan-perusahan kecil yang dianggap menggangu kelancaran bisnisnya.
  2. Perusahaan kapitalis melakukan penguasaan bahan baku dengan cara proses konglomerasi dari hulu hingga hilir.
  3. Perusahaan kapitalis secara perlahan juga berusaha untuk “memakan” perusahaan negara yakni dengan melakukan privatisasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN).
  4. Perusahan kapitalis juga berusaha untuk menjadi penguasa negara.
  5. Perusahaan kapitalis mengupayakan diri untuk menjadi penguasa pasar dunia melalui WTC dan GATT.
  6. Perusahaan kapitalis berusaha “mematikan” perusahan-perusahaan lokal dengan mendirikan Multi National Corporate (MNC).
  7. Perusahan kapitalis berusaha menguasai bahan baku lokal dengan cara melakukan intervensi UU Penanaman Modal Asing (PMA).
  8. Perusahan kapitalis berusaha membuat bahan baku lokal menjadi murah dengan cara menjatuhkan kurs mata uang lokal.
  9. Perusahan kapitalis berusaha melakukan penguasaan tenaga kerja lokal murah melalui upaya liberalisasi pendidikan.
  10. Perusahaan kapitaliis juga menempatkan penguasa boneka dengan memberikan bantuan dana kampanye.
    Setelah menjelaskan penyebab mengapa bisnis kapital dapat sukses, sesi selanjutnya adalah tanya jawab atau feedback yang kurang lebih berlangsung selama tiga puluh menit. Ketika sesi tanya jawab telah usai, acara jeda sejenak untuk sesi istirahat, shalat, dan makan.

Sesudah istirahat, shalat, makan (ISHOMA), acara masuk pada sesi pemilihan ketua Gerakan Cinta Koperasi (GCK) Koperasi “Kopma UGM” periode 2015/2016. Dalam proses pemilihan ketua GCK Koperasi “Kopma UGM” untuk periode 2015/2016 dilakukan dengan beberapa tahap. Tahap pertama yakni tahap pencalonan, sedangkan untuk tahap kedua ialah penyampaian visi dan misi serta tanya jawab dan terakhir adalah tahap pemilihan.

Dalam tahap pencalonan terdapat tiga calon yang terpilih yakni Muhammad Afif, Rilliandi Arindra P., dan M. Wakhid Nur Ikhsan.

Selanjutnya, masing-masing calon menyampaikan visi misinya kemudian dilanjutkan tanya jawab. Seusai tanya jawab, ketiga calon lantas dibawa keluar ruang sidang untuk dilakukan pemilihan ketua. Pemilihan ketua dilakukan dengan sistem musyawarah mufakat.

Hampir tiga puluh menit berlalu, tahap pemilihan usai dilaksanakan walaupun musyawarah berlangsung cukup sengit hingga terjadi perdebatan dan pada akhirnya memutuskan untuk memilih M. Wakhid Nur Ikhsan sebagai ketua GCK Koperasi “Kopma UGM”. Pengumuman ketua GCK Koperasi “Kopma UGM” dilakukan di halaman depan Front Office Koperasi “Kopma UGM” tepat pada pukul 18.30 WIB. Pengumuman ketua GCK Koperasi “Kopma UGM” sekaligus menjadi pertanda acara diskusi dan suksesi GCK Koperasi “Kopma UGM” telah sampai dipenghujung acara.

“Harapan saya simple, setelah suksesi ini berlangsung GCK tidak dipandang lagi sebagai gugus yang belum jelas tujuan dan kebermanfaatannya,” tutur Anwar Danu Saputra selaku ketua GCK Koperasi “Kopma UGM” periode 2014/2015 seusai pengumuman ketua GCK Koperasi “Kopma UGM” periode 2015/2016. (Humas Koperasi “Kopma UGM” / Rusli Akhmad Junaedi).