Pelatihan PKL I 2015

Yogyakarta- 13 Maret 2015, bidang HRD Koperasi “Kopma UGM” telah mengadakan pelatihan untuk peserta PKL (Praktek Kerja Lapangan) di Ruang Sidang Koperasi ‘Kopma UGM” pukul 09.00-11.30 WIB. Peserta PKL di Koperasi “Kopma UGM” periode I tahun 2015 adalah pelajar yang berasal dari SMKN 1 Pengasih Kulon Progo dan SMKN 7 Yogyakarta dan total berjumlah 11 orang.

Menurut Nurul Meika Tri Wahyuni selaku staf HRD Koperasi “Kopma UGM” periode 2015/2016, “Tujuan diadakannya pelatihan PKL kali ini adalah untuk melatih public speaking dan meningkatkan pemahaman peserta PKL mengenai koperasi.” Ia juga menambahkan, “Pelatihan PKL II nantinya akan diselenggarakan kembali pada tanggal 23 Maret 2015.”

Materi pertama dalam pelatihan PKL I yakni mengenai koperasi secara umum yang disampaikan oleh Intan, Indri, dan Lintang selaku perwakilan peserta PKL di Koperasi “Kopma UGM”. Ketika menyampaikan materi mengenai koperasi secara umum, pemateri memfokuskan pembahasannya pada jenis-jenis, lambang, undang-undang, prinsip yang terdapat dalam koperasi.

Setelah materi pertama tersampaikan, acara dilanjutkan pada materi kedua dengan pembahasan mengenai team building yang disampaikan oleh Muhammad Fajri Saptaji selaku ketua umum Koperasi “Kopma UGM” periode 2015/2016.

Terakhir, materi ketiga tentang customer service yang disampaikan oleh Meda dan Nindia selaku peserta PKL di Koperasi “Kopma UGM” yang berasal dari SMKN 7 Yogyakarta. Meda dan Nindia menjelaskan pada teman-teman peserta pelatihan mengenai kiat menjadi customer service yang baik. Sebelum acara berakhir, Akhmad Faqihuddin (Faqih) selaku Ketua Bidang HRD Koperasi “Kopma UGM” juga berbagai cerita pada peserta pelatihan seputar kehidupan di kampus.

“Harapannya setelah pelatihan ini peserta dapat membangun kerja tim yang kompak sehingga nantinya mereka dapat bekerja sebagai tim yang solid,” ungkap Faqih yang diwawancari ketika acara pelatihan berakhir. (Humas Kopma UGM / Rusli Akhmad Junaedi).