Lima mahasiswa Universitas Gadjah Mada seklaigus anggota Koperasi “Kopma UGM” merintis usaha di Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan 2017. Tim yang diketuai oleh Destri Karlina (Sekolah Vokasi, 2014) dan beranggotakan Hasbiyansyah (Sekolah Vokasi, 2014), Tabiah (Sekolah Vokasi, 2015), Deni Haryono (Sekolah Vokasi, 2015), Iit Wakhidah (Psikologi, 2015) lolos mendapat dana hibah dari Dikti sebagai modal awal usaha. Tim ini mendapat bimbingan dari Fitri Damayanti Berutu, S.E., S.S., M.Sc., sekaligus Pembina Unit Kegiatan Mahasiswa Koperasi “Kopma UGM”. Beliau juga merupakan staf pengajar di Program Studi Manajemen Sekolah Vokasi UGM.

Mereka mengembangkan usaha berupa media edukasi anak untuk membantu mengembangkan character building di masa pertumbuhannya. Produk tersebut dinamai PUBBA (Pop Up Book Berbasi Audio) dengan menghadirkan media pembelajaran audio berupa suara yang menarik sehingga dapat memotivasi anak untuk mengenal nilai-nilai dalam membangun character building.

Latar belakang dari pembuatan PUBBA yaitu pentingnya pendidikan karakter pada anak sejak sedini mungkin. Selain alasan tersebut, minimnya media edukasi anak yang membantu meningkatkan character building masih jarang ditemui di pasaran. PUBBA diperuntukkan bagi anak usia TK (Taman Kanak-kanak)dan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) atau yang berusia 4-6 tahun.

PUBBA melibatkan pembelajaran melalui audio dan visual dalam penggunaannya. Audio berupa narasi yang ingin disampaikan, dan visual berupa desain pop up book yang inovatif. Dengan demikian diharapkan kegiatan belajar untuk mengembangkan character building lebih atraktif.

Sejauh ini, tim PUBBA dalam proses produksi dan sudah membuka PO (Pre-Order) sampai tanggal 2 Juni mendatang. Produk ini dibandrol seharga Rp210.000,00 dan bebas ongkos kirim untuk pembeli daerah UGM dan sekitarnya.

Koperasi “Kopma UGM” memberikan dukungan berupa perijinan tempat produksi untuk assembling rangkaian pop up book. “Hal ini sangat membantu kami, apa lagi tim kami belum memilki rumah produksi secara mandiri,” tutur Destri Karlina.

Pemesanan hubungi
085647885733 (Destri Karlina)

PUBBA