Go Green to Breathe Clean

Permasalahan di bumi memang sudah menjamur, dari sekian banyaknya manusia yang tinggal di bumi hanya beberapa dari mereka yang bergerak dan melakukan aksi nyata untuk merawat bumi. Bahkan saat ini tidak hanya udara diluar ruangan yang tidak sehat, tetapi juga udara yang ada didalam ruangan. Terdapat polutan yang memang sudah dikenal seperti knalpot gas dan asap rokok yang memang berasal dari udara luar. Ada pula polutan yang kurang dikenal seperti bahan kimia beracun yang dilepaskan oleh “off gassing” dari bahan sintetis yang dapat ditimbulkan dari udara didalam ruangan.

Solusi sederhana dan efektif yang dapat dilakukan untuk menghindari adanya polutan yang berasal dari udara didalam ruangan umumnya dikenal sebagai “sick building syndrome” adalah dengan memperkenalkan flora ke lingkungan. Banyak tanaman yang melakukan fotosintesis untuk menyelaraskan dan menetralkan polutan.

Tanaman tersebut berasal dari daftar tanaman hijau NASA yang telah diuji dan disetujui, antara lain:

  1. Spider Plant

Spider plants

(sumber: https://pin.it/f2ogzxytsudo4t)

Tanaman Spider Plant berasal dari Afrika Selatan yang sangat mudah dipelihara dan dibudidayakan. Daunnya yang panjang dan rimbun pada umumnya berwarna hijau atau strip kuning dan putih. Batangnya yang panjang sebenarnya kokoh dan banyak ditumbuhi bunga putih. Tanaman Spider Plant memiliki kelebihan untuk ‘makan’ gas karbonmonoksida yang kemudian digunakan untuk proses pertumbuhannya Spider Plant merupakan tanaman yang bagus untuk menghilangkan gas beracun dan pengotor lain, seperti formalin dan xylene. Untuk mendapatkan efek yang lebih baik, tanaman ini harus diletakkan di dapur, di dekat perapian atau di tempat-tempat di mana karbonmonoksida terakumulasi.

 

  1. Gerbera Daisy

(Sumber: https://pin.it/6ifklskg73ujbu)

Gerbera diambil dari nama Traugott Gerber seorang dokter Jerman yang merupakan teman Carolus Linnaeus. Gerbera adalah tanaman hias yang termasuk dalam keluarga Asteraceae. Gerbera merupakan tanaman semak yang hidup bertahun-tahun, daunnya berbentuk memanjang, berwarna hijau dengan pinggiran daun bergerigi besar. Manfaat lain dari bunga ini selain untuk tanaman hias juga dapat menyerap zat polutan yang berbahaya bagi kesehatan, yaitu trichloroethylene.

 

  1. Dracaena

Dracaena deremensis, also known as Janet Craig dracaena, grows well as a houseplant in nearly any location. These tropical plants can only survive outdoors in the warmest of climates, although you can move them to a sheltered patio for summer enjoyment. Janet Craig dracaena only requires minimal care to produce deep green foliage and lush growth.

(Sumber: https://pin.it/i53ntc3jg5xoy2)

Dracaena atau bambu rezeki adalah Dracaena Sanderiana atau sering disebut ribbon plant. Tanaman Dracaena banyak dipakai sebagai tanaman penghias ruangan indoor karena dapat tetap tumbuh walaupun di bawah sinar matahari yang kurang. Apabila Dracaena ditanam di luar ruangan yang mendapatkan cahaya cukup maka daun dari tanaman Dracaena dapat tumbuh dengan lebih tebal. Selain cantik Dracaena juga berfungsi untuk menjaga kebersihan dan kesehatan. Dracaena termasuk tanaman yang digunakan oleh NASA Clean Air Study dan telah menunjukkan kemampuannya untuk membersihkan udara yaitu dapat menyerap formaldehyde, benzene dan karbon monoksida dari udara.

 

  1. English Ivy

12 Nearly Immortal House Plants That Clean The Air | The Unlikely Hostess

(Sumber: https://pin.it/at74hxqvpbm5gg)

English Ivy merupakan tanaman yang tumbuh merambat, agersif, dengan pertumbuhan yang cepat dan dapat tumbuh dimanapun. English Ivy merupakan spesies tumbuhan berbunga dari family Araliaceae, berasal dari Eropa dan Asia bagian barat. Daun English Ivy terlihat cantik karena mirip dengan daun maple. Tanaman English Ivy adalah salah satu dari 10 pemurni udara. English Ivy bisa membersihkan udara dari toksin benzena, formaldehida, xilena, dan toulene.

 

  1. Garden Mum

Mum Coral Cavalier (Mum Football Style Chrysanthemum)

(Sumber: https://pin.it/z46jocnzbyfmha)

Bunga krisan atau biasa juga disebut seruni merupakan tanaman hias yang sangat indah dengan berbagai warna yang bisa dihadirkan. Di negara lain bunga krisan biasa dikenal dengan nama Florist’s daisy atau juga ada yang menyebutnya dengan Hardy Garden Mum. Adapun berbagai manfaat yang dihadirkan dari bunga krisan seperti mampu menyaring aroma benzena yang di hadirkan oleh bau lem ataupun cat, mampu menyaring racun formaldehida, dan juga dapat menyaring berbagai polusi lainnya yang ada di dalam ruangan.

 

  1. Lilyturf

Variegated Liriope | Pretty Lavender Blooms — PlantingTree.com

(Sumber: https://pin.it/smkjq7zjj5nfeg)

Liriope adalah genus tanaman berbunga rendah, seperti rumput, dari Asia Timur dan Asia Tenggara. Liriope disebut dengan nama Lilyturf di Amerika Utara, meskipun bukan rumput sejati atau bunga bakung. Bunga lili dapat menyaring berbagai zat polutan, seperti amonia, benzena, formalin, dan trichloroethylene. Menurut NASA, jenis lili terbaik yang dapat menyaring polutan dalam ruangan adalah peace lily, flamingo lily, dan lilyturf.

 

  1. Peace Lily

(Sumber: https://pin.it/xl33ola6poanqi)

Spathiphyllum adalah genus dari sekitar 40 spesies tanaman berbunga monokotil dalam keluarga Araceae, tanaman asli daerah tropis di Amerika dan Asia Tenggara. Spesies Spathiphyllum tertentu umumnya dikenal sebagai Spath atau bunga lili perdamaian. Bunga Spathiphyllum berwarna putih dengan rupa seperti bunga lili. Bunga ini banyak dibudidayakan dan ditanam sejak lama sebagai tanaman hias. Bagian akar dan daun dari Peace Lily adalah bagian yang menyerap polutan dengan maksimal 87% polutan dapat terserap dalam waktu 24 jam.

 

  1. Snake Plant

I couldn't possibly be more excited to share a new feature with you guys today—our updated home tour is now live on Domino! In case you're just tuning in, we moved into our 1960's mid-century A-Frame ranch about three years ago, and have been pouring our hearts (read: blood, sweat, and tears) into…

(Sumber: https://pin.it/pmzjowr3ca76eg)

Sansevieria trifasciata adalah spesies tanaman berbunga di keluarga Asparagaceae, yang berasal dari Afrika Barat tropis dari Nigeria timur hingga Kongo, yang paling dikenal sebagai tanaman ular atau Snake Plant. Tanaman ini dapat menghilangkan polutan seperti formaldehyde, xylene, toluene, dan nitrogen oxides. Snake Plant bekerja membersihkan udara dengan cara menyerap racun melalui daunnya dan memproduksi oksigen.

 

Nah, bagaimana teman? Sudah tau ingin merawat tanaman yang mana di rumah? Atau di kos? Yukk, mulai lindungi lingkungan sekitar kita, untuk bumi yang lebih hijau dan bebas dari polusi.

(Sharmila)