DIKSARKOP 108

            DIKSARKOP adalah pendidikan dasar bagi anggota baru Koperasi “Kopma UGM” yang biasanya dilaksanakan 4 sampai dengan 5 bulan sekali. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan Koperasi “Kopma UGM” kepada anggota baru agar mereka dapat memahami dan mengerti apa sebenarnya yang dimaksud dengan Koperasi “Kopma UGM”. Hasil yang diharapkan adalah para anggota baru dapat memposisikan dirinya sebagaimana mestinya di Koperasi “Kopma UGM”.

            Hari pertama Pendidikan Dasar Koperasi “Kopma UGM” yang ke-108 ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 20 September 2014 bertempat di perpustakaan pusat UGM. Peserta DIKSARKOP dibagi dalam beberapa kelompok. Masing-masing kelompok menggunakan warna pakaian yang berbeda-beda guna memberikan “kekhasan” pada tiap-tiap kelompok. Kegiatan pada hari itu adalah menanamkan pemahaman kepada para peserta tentang Koperasi “Kopma UGM”, pengenalan pengurus, jajaran panitia DIKSARKOP 108, gugus komunitas, part-timer, dan lain sebagainya sejak pagi hingga sore. Dilanjutkan dengan pentas seni dari masing-masing kelompok.

Pada hari yang kedua tepatnya 21 September 2014, setiap peserta dikumpulkan dan langsung diarahkan untuk melaksanakan kegiatan senam bersama di depan front-office Koperasi “Kopma UGM”. Setelah melaksanakan kegiatan yang pertama di hari kedua tersebut, mereka dibagi lagi ke dalam enam kelompok besar untuk mengikuti kegiatan selling contest di sepanjang jalan olahraga. Di sana peserta dilatih untuk menjadi seorang wirausahawan yang baik. Setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan outbound yang dipandu oleh gugus trainer community.

Setelah menjalani aktivitas yang cukup melelahkan sejak pagi hingga siang, peserta dipersilakan untuk beristirahat. Ketika istirahat sudah selesai, peserta dikumpulkan kembali di ruang sidang Koperasi “Kopma UGM” untuk memilih ketua angkatan DIKSARKOP 108. Ketua yang terpilih adalah Althof. Pada hari kedua ini diadakan kegiatan Open House bagi seluruh peserta DIKSARKOP 108 untuk memperkenalkan gugus-komunitas yang ada di Koperasi “Kopma UGM”. Kegiatan Open House ini diisi oleh perwakilan-perwakilan dari berbagai gugus komunitas dan jajaran pengurus yang ada di Koperasi “Kopma UGM”.

Setelah Open House berakhir, acara dilanjutkan dengan tukar kado dan ritual yang wajib dilaksanakan setiap kali DIKSARKOP dilaksanakan. Acara pamungkas ditutup dengan foto bersama DIKSARKOP angkatan ke-108 bersama jajaran panitia.

Adapun jajaran panitia DIKSARKOP-108 sebagai berikut   :

v  Ketua Panitia              : Shiddiq Muhammad Isa

v  Sekretaris                    : Rayi Agasti

v  Bendahara                   : Nastiti Sendang Wening

v  Acara                            : Edmund Handias Panggabean

v  PDD                              : M. Erwin, Nisa, dan Andi Santoso

v  Perlengkapan              : N.M.I.K.H. Tetuko dan Rikad V. Anoraga

v  Dana Usaha                 : Siti Khusnul Khotimah dan Ira Noviantin

v  Konsumsi                    : Nurbaiti dan Agam Barata.

Dalam menyelenggarakan kegiatan DIKSARKOP 108 ini bukanlah hal yang terbilang mudah. Banyak halangan yang menghadang mulai dari miss-communication antar panitia sebelum hari-H, pengajuan proposal yang ditolak, perizinan, jumlah peserta yang jauh melebihi perkiraan, dan lain sebagainya. Lalu bagaimana panitia bisa mengatasinya? Tentu saja dengan belajar dari pengalaman dan kesalahan-kesalahan yang pernah dilakukan sebelum hari-H. Paniti memperbaiki cara komunikasinya dan saling melebur pada kegiatan DIKSARKOP 108. Walau sebelum kegiatan ini dilaksanakan panitia sempat mengalami kekhawatiran, tapi sungguh hasil yang mereaka peroleh di luar dugaan. Ini adalah hasil kerja nyata panitia sejak sekitar dua bulan sebelumnya bekerja keras.

Shiddiq Muhammad Isa

Ketua Panitia DIKSARKOP 108