Inilah Pentingnya Membaca Buku, Mahasiswa Wajib Tahu!

Sumber: https://id.depositphotos.com/stock-footage/reading.html

Sebagai seseorang yang berpendidikan, sudah seharusnya kita memiliki wawasan luas. Wawasan itu bisa kita dapatkan melalui berbagai cara. Contohnya seperti mengikuti kelas, eksplorasi hal-hal baru, memperluas jangkauan pertemanan, dll. Salah satu cara yang paling mudah dan penting adalah membaca. Seperti yang kita ketahui, ada pepatah yang mengatakan bahwa “buku adalah jendela ilmu”. Dengan membaca buku, kita bisa mendapatkan ilmu dan berbagai manfaat lainnya yang dapat menunjang masa depan kita. Berikut merupakan tiga manfaat membaca buku bagi mahasiswa.

  1. Menambah wawasan baru

Seperti pepatah yang telah disebutkan pada awal paragraf, membaca buku dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan. Dengan membaca, kita dapat mengeksplor hal yang belum pernah kita ketahui. Pengetahuan baru yang kita dapatkan melalui buku dapat menjadi petunjuk dalam menjalani kehidupan. Selain itu, pikiran kita menjadi lebih terbuka terhadap berbagai macam ide dan gagasan. 

  1. Memperluas penguasaan kosa kata

Perbendaharaan kosa kata menjadi jauh lebih baik apabila kita senang membaca buku. Kita dapat menemukan berbagai kosakata baru dalam setiap buku yang kita baca. Hal ini membantu kita untuk berbicara atau menyampaikan pendapat dengan jelas dan percaya diri. Selain itu, dengan  menguasai banyak kosa kata kita dapat mendefinisikan suatu hal dengan mudah.

  1. Meningkatkan kemampuan menulis

Membaca buku juga berkaitan dengan kemampuan menulis seseorang. Dapat dikatakan bahwa semakin sering membaca, maka kemampuan menulisnya juga semakin baik. Penguasaan kosakata yang baik dan wawasan yang luas dapat memudahkan kita untuk menulis. Hal ini membuat kita menjadi lebih paham tentang memilih diksi yang tepat, membuat kalimat yang tidak ambigu, dan membuat alur tulisan agar tidak terlihat membosankan di mata pembaca.

Membaca buku ternyata memiliki peran yang sangat penting dan membawa banyak manfaat bagi hidup kita. Tidak hanya buku non fiksi, buku fiksi pun juga memberikan manfaat yang sama. Walaupun membaca buku dengan genre apapun, semua buku-buku tersebut membawa ilmu baru bagi kita. Jadi, apakah kamu sudah mulai membiasakan untuk membaca buku?