Gambar 1. Dokumentasi Self Employee

Koperasi Mahasiswa UGM merupakan organisasi atau UKM yang aktif dalam menyebarkan dan mengajak masyarakat umum khususnya mahasiswa UGM untuk ikut bergabung serta meramaikan kegiatan yang diselenggarakan oleh Koperasi Mahasiswa UGM. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan keaktifan mahasiswa UGM selama dikampus, memperluas jaringan relasi antar mahasiswa, memperbanyak pengalaman dalam berorganisasi, bekerja sama dan ikut berkontribusi memberikan insight positif bagi masyarakat umum, serta menjadi wadah untuk mengembangkan minat bakat ataupun skill yang dimiliki mahasiswa agar menjadi lebih baik.

Salah satu kegiatan yang diselenggarakan oleh Koperasi Mahasiswa UGM adalah Self Employee.  Kegiatan cukup sering diadakan dengan tujuan mengembangkan Softskill maupun Hardskill dengan topik pembicaraan yang menarik serta mendatangkan narasumber yang cukup ahli dan memiliki penguasaan yang baik disetiap pertemuannya. Sehingga memberikan kita pengalaman yang lebih menarik dengan bertemu secara langsung dan mendengarkan berbagai hal baru, membuka wawasan kita menjadi lebih luas serta mendapatkan bagaimana cara mereka dalam meraih kesuksesannya.

Pada bulan Juni, kami sudah 3 kali mengadakan kegiatan Self Employee dengan topik “Membranding Bisnis” Bersama narasumber kami mbak Eka Samsiati Putri sebagai owner dari Mie Terserah yang membagikan cerita bagaimana cara mereka dari awal mendirikan bisnisnya hingga meluncurkan produknya. Kemudian Self Employee kedua kami mendatangkan narasumber yaitu mbak Larasati Kaisar Rafi yang akan membagikan pengalamannya sebagai MC di acara-acara besar dan  menjadi seorang penyiar radio. Yang cukup menarik dari kegiatan Self Employee kami kali ini adalah, narasumber yang kami undang merupakan seorang mahasiswa, tentunya ini menjadikan nilai lebih agar kita sebagai sesama mahasiswa menjadi termotivasi dan semakin semangat berjuang dalam meraih cita-cita. Kegiatan Self Employee  selanjutnya dilaksanakan dengan acara yang cukup besar, karena merupakan sebuah kolaborasi anatar Koperasi Mahasiswa UGM Bersama BUMI Schoolarship . Dengan mengadakan Bootcamp dan seminar pelatihan selama 3 hari, dengan topik mengenai beasiswa, mulai dari tahapan beasiswa, persyaratan, berkas, wawancara dan tes skolastik. Selain itu juga para audiens juga berkesempatan untuk bisa sharing atau bertanya secara langsung kepada para narasumber.