Koperasi Mahasiswa UGM memiliki segudang kegiatan, untuk mewadahi para anggotanya mengembangkan kemampuan dan minat bakat yang dimiliki. Apa saja ya kira-kira? Diantaranya ada Guskom, Kepanitiaan, Kepengurusan, Pendidikan Koperasi, Part Timer, Kewirausahaan dan Tim Kerja.

Mari kenal lebih dekat, apa itu Guskom? Guskom adalah kepanjangan dari Gugus Komunitas. Kopma UGM memiliki 6 Guskom yaitu,

  1. Gerakan Cinta Koperasi, gugus komunitas ini dapat menjadi wadah bagi anggota yang kritis pada permasalahan dan isu-isu terkait koperasi dalam tingkat regional, nasional, maupun internasional. GCK bertujuan agar anggota tidak hanya belajar mengenai wirausaha dan organisasi, tetapi juga menjadi wadah menyalurkan pemikiran kritis yang dimiliki.
  2. Kewirausahaan, mewadahi minat anggota dalam kewirausahaan. Kegiatannya antara lain, sekolah kewirausahaan, tantangan kewirausahaan, hingga kunjungan kewirausahaan.
  3. Kopma Design Center, menaungi sekumpulan individu yang memiliki kesamaan minat dalam menyalurkan kreativitas dan berekspresi serta berorientasi pada pengembangan seni.
  4. Trainer Community, berhubungan dengan ilmu komunikasi sosial yang berfokus pada pengembangan kapasitas diri yang nantinya diarahkan untuk menjadi pemateri serta melakukan kegiatan pendampingan masyarakat secara langsung.
  5. Speaking Club, memberikan pelatihan berkomunikasi yang baik untuk anggota. Kegiatannya antara lain, Latihan Rutin Public Speaking, Broadcasting, dan Master of Ceremony.
  6. Sport Society, mewadahi minat dan bakat anggota dalam bidang olahraga.

Kopma UGM juga memfasilitasi pendidikan perkoperasian dengan melalui 3 tingkatan, ada Pendidikan Dasar (Diksar), Pendidikan Organisasi (Dikorg) dan Pendidikan Manajemen (Dikman). Pendidikan Perkoperasian bertujuan untuk memperkenalkan Koperasi Mahasiswa dan mempersiapkan kader-kader koperasi sekaligus sebagai pembekalan anggota potensial untuk calon kepengurusan dan kader yang cerdas dan tangguh.

Untuk kewirausahaan, terdiri dari beberapa divisi usaha yang dapat dibaca pada artikel tersendiri. Dari masing-masing divisi usaha tersebut biasanya  akan membuka rekrutmen anggota part timer. Selain itu, masih ada kegiatan lainnya yang dapat diikuti sebagai anggota Kopma UGM loh, yaitu Delegasi JAMKOPNAS. Jambore Koperasi Mahasiswa Nasional (JAMKOPNAS) merupakan salah satu kegiatan generasi muda koperasi yang berada di bawah naungan Forum Komunikasi Koperasi Mahasiswa Indonesia (FKKMI), yang bertujuan sebagai ajang perlombaan dan forum silaturahmi antar koperasi mahasiswa di Indonesia.

Seru dan keren bukan? Banyak sekali kegiatan dan manfaat yang didapatkan dengan menjadi anggota Koperasi Mahasiswa UGM, yuk daftarkan dirimu.

Oleh Tim Content Writer Kopma UGM

Leave a comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.