Jambore Kemenkop 2014

Bogor – Koperasi “Kopma UGM”, Kopma UNY, dan SMK Koperasi Yogyakarta mewakili Daerah Istimewa Yogyakarta ke Jambore Nasional Koperasi Pemuda dan Siswa yang digelar oleh Kementrian Koperasi dan UMKM di Sentul, Kabupaten Bogor, 14-15 Oktober 2014. Pada kegiatan jambore ini, perwakilan koperasi mahasiswa dan koperasi siswa Daerah Istimewa Yogyakarta itu akan bergabung dan bersosialisasi dengan perwakilan koperasi sejenis dari seluruh Indonesia.

Arfiana (21) salah satu perwakilan dari Koperasi “Kopma UGM” mengaku sangat senang dan beruntung dapat mengikuti acara Jambore Koperasi Pemuda dan Siswa 2014. “Aku sangat beruntung sekalinya dapat delegasi fasilitasnya lumayan enak”, kata Arfiana.
Namun di balik seluruh rangkaian acara Jambore ini, justru kulitasnya cenderung menurun dari dua tahun lalu. Sebelumnya, acara sejenis diisi dengan lomba-lomba ketangkasan mengenai perkoperasian. Sedangkan acara Jambore pada tahun ini diisi dengan acara-acara yang bersifat santai seperti seminar dan api unggun.

Dari segi peserta, Jambore pada tahun2014 ini juga bertambah, menjadi Koperasi Mahasiswa, Koperasi Siswa dan PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) yang notabene terdiri dari guru-guru dan pengajar masyarakat. Sehingga tidak mungkin jika diadakan lomba-lomba mengenai koperasi. Jambore Koperasi Pemuda dan Siswa tahun 2014 berjalan kurang maksimal karena peserta yang hadir dalam forum tidaklah sesuai dengan tema besar yang ada. Namun, terlepas dari permasalahan tersebut, segi positif yang dapat diambil yakni jejaring yang didapatkan lebih luas dan tidak terbatas pada koperasi pemuda atau koperasi siswa saja.

Alan Griha Yunanto
Kabid Humas dan Gerakan