Kunjungan dan Konsolidasi Anggota

Sabtu, 15 November 2014, Koperasi “Kopma UGM” mengadakan konsolidasi anggota. Peserta yang mengikuti konsolidasi ini adalah sebanyak 21 anggota, meliputi Ketua Pengawas, Kabid dan Staff Bidang PSDA, beserta anggota lain yang merupakan anggota gugus-komunitas.

Agenda pertama diisi dengan kunjungan ke Rumah Produksi Cokelat Monggo. Rumah produksi tersebut beralamat di Jalan Dalem KG III / 978 RT 043 RW 10 Kelurahan Purbayan, Kotagede 55173, Yogyakarta. Peserta konsolidasi berangkat ke tujuan dengan menggunakan bus yang sudah disewa sebelumnya. Perjalanan menuju rumah produksi ini berlangsung kira-kira empat puluh menit. Sesampainya di sana, peserta mengabadikan momen kebersamaan lalu diberikan sedikit penjelasan tentang produksi cokelat.

Materi pertama adalah sejarah Cokelat Monggo. Diceritakan bahwa perjalanan ini dimulai ketika pria asal Belgia datang ke Indonesia. Indonesia merupakan salah satu dari 3 penghasil kakao terbesar di dunia, tetapi di Indonesia ini pengolahan kakao tidak semaksimal Belgia yang kita tahu bukan penghasil kakao. Karena merasa kurang puas, pria ini membuat cokelat dan memberikannya kepada temannya. Cokelat yang dibuatnya enak dan temannya menyarankan untuk menjual cokelat itu. Akhirnya, pria ini menjual cokelatnya dengan menaiki vespa pink dan menggunakan kotak styrofoam untuk membawa cokelatnya. Cokelat ini dibawa ke tempat berjualan, salah satunya adalah Sunday Morning (Sunmor) UGM pada saat itu.

Nama Monggo didapat ketika sedang merumuskan nama yang baik untuk produk ini. Awalnya diberi nama chocomania. Namun, ketika mengurus perizinannya ternyata nama tersebut sudah digunakan. Nama lain pun segera dipikirkan sampai ada yang berkata, “Monggo namanya mau apa?”. Sejak itulah nama cokelat ini menjadi cokelat Monggo.

Setelah dari Rumah Produksi Cokelat Monggo, peserta menuju Waduk Sermo di Dusun Sermo, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta. Di sini, seluruh peserta yang tergabung dalam gugus maupun komunitas diberikan upgrading. Materi upgrading disampaikan oleh M. Fajri Saptaji, Ketua Pengawas. Materi diawali dengan kisah “Kue Jahe” lalu dilanjutkan dengan materi mengenai demokrasi anggota melalui gugus-komunitas. Meskipun hari mulai hujan, peserta dapat mengikuti materi dengan baik.

Usai materi, acara dilanjutkan dengan makan siang. Peserta menikmati menu makan siang yang sudah disediakan oleh PSDA. Lalu peserta beristirahat; ada yang pergi sholat dzuhur, ada pula yang bersiap untuk menaiki perahu di dermaga. Selepas naik perahu, semua peserta kembali ke jalan untuk melanjutkan perjalanan menuju Pantai Glagah. Pantai ini terletak di desa Glagah, Kecamatan Temon, kabupaten Kulon Progo. Di sini peserta masih bisa menikmati pemandangan ombak meskipun hujan turun. Di sini peserta juga makan sore sebelum kembali ke Koperasi “Kopma UGM”.

Kira-kira pukul 17.00 WIB peserta meninggalkan lokasi wisata Pantai Glagah menuju Koperasi “Kopma UGM”. Peserta sudah tiba lagi di Koperasi “Kopma UGM” sekitar pukul 18.30. Semua peserta pun pulang untuk beristirahat di tempat tinggal masing-masing.