Gebyar Perwira Nasional 2020

Koperasi menurut UU No.2/1992 adalah badan usaha yang beranggotakan orang seorang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas asas kekeluargaan. Dalam upaya mengembangkan perekonomian, koperasi melakukan pengembangan usaha yang dijalankan melalui kerja sama dan inovasi terbarukan karena koperasi juga berperan dalam perkembangan ekonomi nasional yang berkelanjutan di masa depan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pendidikan perkoperasian dan kewirausahaan. Pendidikan perkoperasian dan kewirausahaan adalah salah satu peran penting yang harus dilakukan untuk melahirkan insan koperasi yang dapat menjawab persoalan perekonomian untuk saat ini maupun di masa depan.

 

Indonesia saat ini memerlukan tangan-tangan kreatif, pemikiran-pemikiran inovatif, serta pelaku usaha yang produktif. Untuk merespon hal tersebut, Koperasi “Kopma UGM” melalui Bidang Hubungan Masyarakat menyelenggarakan Pameran Kewirausahaan yang kemudian dinamai Gebyar Perwira Nasional 2020. Tema kegiatan ini adalah “Bersama Bangun Bangsa dengan Berwirausaha”. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi pemantik para pemuda untuk dapat berwirausaha, terlibat langsung dalam memajukan perekonomian bangsa. Serta, bermanfaat bagi para pelaku usaha untuk mengembangkan potensi dan peluang usaha yang lebih baik dengan membuka kesempatan untuk saling bekerja sama. Pada akhirnya, kegiatan ini adalah sebagai langkah nyata Koperasi “Kopma UGM” untuk memberikan wadah tumbuh bersama membangun bangsa dengan berwirausaha.

 

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah membangun semangat dan minat generasi muda dan masyarakat untuk giat berwirausaha, memberikan sosialisasi dan informasi-informasi terkait dunia kewirausahaan dan perkoperasian, dan menjadi sarana edukasi bagi para pelaku usaha maupun calon pelaku usaha guna mengembangkan potensi usaha di era industri 4.0. Selain itu juga sebagai peluang untuk melakukan branding Koperasi “Kopma UGM” sebagai salah satu model usaha berbasis koperasi yang eksis di Yogyakarta. Serta, memperluas jaringan stakeholder maupun mitra bagi Koperasi “Kopma UGM” kedepannya. Gebyar Perwira Nasional 2020 terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan secara daring. Pertama, Webinar Nasional Kewirausahaan yang akan dilaksanakan sebanyak dua kali dengan tema dan narasumber yang berbeda. Webinar yang pertama akan mengundang narasumber dengan latar belakang birokrasi dan yang kedua akan menghadirkan pembicara dari latar belakang akademisi. Webinar akan diselenggarakan pada 28 November 2020 melalui Zoom Meeting. Kedua, talkshow seputar dinamika dunia wirausaha yang akan menghadirkan pembicara dari latar belakang praktisi. Talkshow akan dilaksanakan melalui Zoom Meeting pada 29 November 2020 setelah webinar sekaligus menutup rangkaian kegiatan. Ketiga, pameran wirausaha virtual akan menggunakan platform Instagram dan Tik Tok Gebyar Perwira Nasional 2020 dengan menampilkan video berbagai jenis dan bidang usaha terpilih yang kemudian akan dibagi dalam beberapa klaster, mulai dari koperasi, UMKM, start-up, dan sebagainya. Keempat, berbagai perlombaan seperti pameran wirausaha virtual, lomba business plan, dan lomba poster yang berkaitan dengan tema “Berwirausaha di Tengah Pandemi”. Puncak acara akan dilaksanakan pada 28-29 November 2020 pukul 08.00—17.00 WIB melalui platform Instagram dan Zoom Meeting. Informasi lebih lanjut dapat dilihat pada akun media sosial Instagram @perwira_ugm.

Leave a comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.