Alasan Kamu Wajib Bergabung KOPMA UGM

Sebelumnya kami ucapkan selamat kepada teman-teman mahasiswa baru yang diterima di Universitas Gadjah Mada, baik itu jalur SNMPTN, SBMPTN, maupun jalur-jalur yang lain. Selamat datang di Kampus Kerakyatan!

Saat sudah diterima oleh Kampus dan resmi meyandang status Mahasiswa, sebagian besar diantara kalian pasti sudah memiliki rencana mengenai kehidupan kampus ke depan. Ada yang ingin fokus pada bidang akademi, ada yang ingin lebih mementingan kehidupan berorganisasinya, dan ada pula yang ingin mengimbangi antara kegiatan akademik dan berorganisasinya.

Universitas Gadjah Mada memfasilitasi mahasiswanya yang ingin mencicipi dinamika berorganisasi dengan menghadirkan beragam Unit Kegiatan Mahasiswa, yang sering disingkat dengan UKM, lengkap mulai dari bidang Seni, Olahraga, Akademik, hingga Koperasi.

Koperasi Mahasiswa, yang biasa disebut KOPMA masuk dalam Unit Kegiatan Mahasiswa yang wajib kalian ikuti, minimal pertimbangkan. Karena Koperasi “Kopma UGM” menawarkan berbagai macam keuntungan yang akan kalian dapatkan saat sudah menjadi anggotanya, antara lain:

  1. Gugus Komunitas

Koperasi “Kopma UGM” menyadari bahwa anggotanya terdiri dari berbagai macam latar belakang keilmuan disamping juga memiliki beragam minat dan bakat. Oleh sebab itu, Koperasi “Kopma UGM” memfasilitasi para anggotanya dengan dibentuknya gugus komunitas sebagai wadah para anggotanya untuk terus berdinamika di Koperasi “Kopma UGM” berdasarkan karakternya masing-masing. Guskom atau gugus komunitas yang ada di Koperasi “Kopma UGM” sebagai berikut:

  • Speaking Club
  • Trainer Community
  • Kopma Design Center
  • Gerakan Cinta Koperasi
  • Kewirausahaan
  • Lembaga Penerbitan
  • Sport Society
  • Riset
  • Informatika dan Teknologi Club

 

  1. Poin Aktivitas

Poin aktivitas dapat diperoleh dengan cara mengikuti serangkaian kegiatan yang ada di Koperasi “Kopma UGM”.  Karena Koperasi “Kopma UGM” merupakan suatu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) sekaligus Badan Usaha, maka sebagian besar anggotanya adalah mahasiswa.

Anggota yang sebagian besar mahasiswa tersebut dapat mengikuti serangkaian kegiatan yang ada di Koperasi “Kopma UGM”, diantaranya kepanitian, pendidikan, asisten bidang atau asbid, gugus dan komunitas, parttimer, tim kerja, dan lain sebagainya. Setiap kegiatan telah memiliki poin aktivitas masing-masing, sehingga dapat ditotal di akhir tahun buku.

Selain itu, karena Koperasi “Kopma UGM” merupakan unit kegiatan mahasiswa maka di dalamnya juga terdapat kegiatan untuk belajar masalah kepengurusan di sebuah koperasi. Sehingga di Koperasi “Kopma UGM” juga terdapat kepengurusan dan staf yang seluruhnya dijabat oleh mahasiswa. Hal ini berfungsi sebagai ajang untuk belajar bersama dan mencari pengalaman serta mengembangkan diri dalam sebuah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Poin belanja dan poin aktivitas yang diperoleh setiap anggota akan ditotal dan dapat ditukarkan dengan SHU.

 

  1. Promo Menarik

Koperasi “Kopma UGM” sering memberikan promo menarik, antara lain:

  a. Promo Swalasasa.

Promo ini berlaku pada hari Sabtu Minggu pada barang tertentu yang berbeda tiap Minggunya.

  b. Promo Aku Cinta Koperasi.

Promo ini biasa diadakan pertengahan bulan hingga 5 hari ke depan di bulan yang sama. Untuk mendapatkan promo ini, kita hanya perlu belanja di Swalayan Koperasi “Kopma UGM” minimal Rp. 100.000 untuk bisa mendapatkan voucher belanja senilai Rp. 10.000

 c. Promo Bulanan Gamashirt.

Promo yang berlaku tiap awal bulan ini menawarkan diskon hingga 30% untuk beberapa barang pilihan Gamashirt.

      d. Undian

Selain promo langsung, Koperasi “Kopma UGM” juga memberikan hadiah dalam bentuk undian, antara lain:

    a. Go Ceng Draw

Setiap bulan di undi dan menang voucher sesuai ketentuan

     b. Customer of the month.

Diberikan pada anggota yang belanja terbanyak di kopma

c. Go cap

Diberikan pada anggota yang belanja terbanyak di gamashirt

Selain promo-promo di atas, bagi anggota Koperasi “Kopma UGM” juga akan mendapatkan poin yang dapat ditukar dengan SHU serta diskon langsung yang disesuaikan dengan nominal belanja saat belanja di Swalayan Koperasi “Kopma UGM” tanpa minimal belanja. Untuk mendapatkan diskon ini, anggota hanya perlu menyebutkan Nomor Anggota Koperasi (NAK) pada kasir.

 

  1. Part Time

Koperasi “Kopma UGM” menawarkan kerja paruh waktu bagi para anggotanya, jenis dari part time ini pun beragam divisinya, antara lain:

  • Divisi Swalayan
  • Divisi Warpostel
  • Divisi Kafetaria
  • Divisi Sablonase
  • Divisi Perpustakaan

Itulah beberapa alasan mengapa kalian wajib bergabung dengan Koperasi “Kopma UGM”. Kapan lagiberorganisasi sambil menghasilkan uang tambahan kalau bukan di Kopma? (Naufal)