Delegasi Koperasi “Kopma UGM” Ikuti Dikmenkop Se-Jawa

Yogyakarta-Delegeasi Koperasi “Kopma  UGM” mengikuti Dikmenkop se-Jawa yang diselenggarakan oleh Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) yang dilaksanakan pada Jum’at (20/11) sampai Minggu (21/11) di Universitas Negeri Semarang dan Villa Bukit Ungaran. Kegiatan ini bertujuan untuk menanam jiwa ekonomi kerakyatan dan ideologi koperasi pada generasi muda. Dengan mengusung tema Membangun Generasi Emas menuju Koperasi Unggul, acara ini diikuti sekitar 60 peserta yang berasal dari berbagai Koperasi Mahasiswa di Jawa.

Pada hari pertama, acara dimulai pukul 15.30 WIB dengan Opening Ceremonydan dilanjutkan dengan  materi tentang Ideologi Koperasi Lanjut dan Studi Kelayakan Usaha KUD Ritel yang disampaikan oleh Dr.Litani Satyawati dari Koperasi Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang dan Ketua Umum dan Penasehat Koperasi Warteg Nusantara.  Setelah itu, acara dilanjutkan dengan acara  makan malam bersama dan ramah tamah antarpeserta.

Pada hari kedua, para peserta pun menuju lokasi kedua, yaitu Penginapan Bukit Lerep Indah Ungaran. Kemudian kegiatan pun dilanjutkan dengan materi mengenai Manajemen Keuangan dan Manajemen Risiko yang disampaikan oleh Maya Nihayah, S.E, M.Si dari Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarangdan. Pada sore harinya, para peserta pun melakukan kegiatan outbond dan tepat pukul 18.30 WIB acara dilanjutkan dengan materi Achievement Motivation Training dan Power of Negotiation yang disampaikan oleh Syarif Hidayat dari Ketua Majelis Tinggi HGNKPI dan Syaifudin Zahri, S.E.M.Si dari Staff Ahli .Kemudian, acara pun ditutup dengan acara penampilan Seni dari para peserta.

Pada hari terakhir, tepat pukul 07.30 WIB para peserta  Dikmenkop se-Jawa 2015 melakukanClosing Ceremony dan dilanjutkan dengan acara  kunjungan ke UMKM Center Jawa Tengah dan Obyek wisata kota  Semarang, yakni Lawang Sewu. Acara pun berakhir pukul 15.00 WIB dan para peserta pun kembali ke kota masing-masing. Walaupun hanya berlangsung selama tiga hari, banyak ilmu dan pengalaman yang didapatkan dari kegiatan tersebut. Harapannya, melalui kegiatan inilah semangat para generasi muda dalam perkoperasian akan semakin kuat sehingga dapat menjadi pemimpin bangsa yang berintegritas tinggi.