Cooperative Workshop Koperasi “Kopma UGM”:Pengenalan Koperasi Kepada Milenial

Cooperative Workshop Koperasi “Kopma UGM” kembali diselenggarakan tahun ini. Rangkaian kegiatan ini juga merupakan permbuka dari acara Olimpiade Koperasi Nasional atau Olikopnas 2019. Tema yang diusung tahun ini yaitu “Digitalisasi Koperasi dalam Membangun Kehidupan Milenial Menuju Revolusi Industri 4.0”. Tema ini diambil dengan memperhatikan perkembangan era saat ini yaitu memanfaatkan peran milenial dalam hal Revolusi Industri 4.0 dengan tetap mempertahankan unsur perkoperasian dalam pokok bahasannya. Peserta yang mendaftar telah membawa semangat dan keinginan sungguh-sungguh untuk menaambah ilmu mengenai dunia perkoperasian.

Cooperative Workshop dimulai dengan pembukaan oleh MC yang disambut antusiasme oleh peserta yang datang. Kegiatan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Koperasi, Hymne Gadjah Mada, dan diakhiri dengan Mars Koperasi “Kopma UGM” oleh Kelompok Paduan Suara Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada. Rangkaian berikutnya yaitu sambutan oleh Ketua Umum, Ika Rizky Fauziah Abdullah dan dilanjutkan dengan penampilan “Tari Mangestuti” oleh Shinta Art Bantul.

Cooperative Workshop kali ini mengundang tiga pembicara dengan keahliannya dibidang masing-masing. Diawali oleh pembicara pertama yaitu dari perwakilan Kementrian Koperasi dan UMKM,  Dra. Dwi Andriani S., M.AB yang merupakan Asisten Deputi Peningkatan Kualitas SDM Perkoperasian, kemudian di bidang akademisi dihadiri oleh Dr. Hempri Suyatna, S.Sos, M.Si yang merupakan Dosen Ilmu Sosiatri/Pembangunan Sosial dan Kesejahtraan Fisipol UGM, dan dibidang praktisi dihadiri oleh Alwy Herfian S. yang merupakan CEO Widya Indonesia Duta Revolusi Industri 4.0 KSP. Setelah penyampaian materi perkoperasian oleh ketiga pembicara  tersebut, acara dilanjutkan dengan kegiatan tanya-jawab oleh beberapa peserta dan diakhiri dengan penutupan dan kesimpulan dari moderator.

Selain sharing session yang menjadi inti acara, Cooperative Workshop 2019 juga diselingi dengan kegiatan tambahan seperti penyerahan Beasiswa Aciko, pengenalan Gugus Komunitas Koperasi “Kopma UGM” serta pengumuman pemenang Lomba Kontes Foto Cooperative Workshop 2019. Rangkaian kegiatan ditutup dengan penampilan akustik dari band lokal “Roti dan Mentega”. Selain mendapatkan pengalaman dan pengetahuan umum mengenai perkoperasian ala milenial, peserta Cooperative Workshop juga mendapatkan banyak keuntungan lain seperti E-Sertifikat, seminar kit, konsumsi, doorprize dan banyak lainnya.

 

(Sharmila)

Leave a comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.