Olimpiade Koperasi Siswa Nasional 2019

Sabtu, (9/11), Olimpiade Koperasi Siswa Nasional 2019 atau Olikopsisnas kembali diadakan oleh Koperasi “Kopma UGM”. Tema yang diusung kali ini adalah Digitalisasi Koperasi dalam Membangun Startup dan Peran Millenial Menuju Revolusi Industri 4.0. Olikopsisnas  merupakan keberlanjutan dari kegiatan Cooperative Workshop yang digelar beberapa waktu lalu. Terdapat dua perlombaan menarik yang diikuti oleh peserta tahun ini yakni Lomba Cerdas Cermat (LCC) dan Lomba Poster.

Para peserta mengikuti kegiatan dengan tertib dari awal hingga akhirnya acara. Jumlah peserta adalah  sebanyak 32 tim dimana setiap tim terdiri dari 3 anggota untuk perlombaan LCC dan 10 perserta untuk lomba poster. Sistem perlombaan cerdas cermat dimulai dengan tes tulis individu dan diambil 20 tim untuk melanjutkan ke tahap berikutnya yaitu tes tulis tim, dan pada tahap ini hanya 5 tim yang dapat lolos dan berjuang di tahap akhir yaitu tahap Cerdas Cermat. Sementara itu, sistem perlombaan poster dimulai dengan presentasi poster yang sudah dibuat kemudian hanya 3 poster yang dapat melanjutkan ke tahap berikutnya yaitu penyampaian ulang.

Kegiatan berakhir dengan sesi foto bersama dan pembagian sertifikat untuk seluruh peserta Olikopsisnas 2019. Perlombaan cerdas cermat dimenangkan oleh SMKN 1 Bantul sebagai juara 1, SMKN 1 Turen sebagai juara 2, SMKN 7 Yogyakarta sebagai juara 3, SMAN 2 Bantul sebagai harapan 1, dan SMAN 7 Yogyakarta sebagai harapan 2. Sementara itu, perlombaan Poster dimenangkan oleh Salma Khoirunida sebagai juara 1, Mochamad Firhan sebagai juara 2, dan Vika Agustin sebagai juara 3, serta tambahan kategori pemenang yaitu best essay yang diraih oleh tim dari SMAN 1 Surakarta.

(Sharmila)

Leave a comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.