Penting Banget, Perhatikan Beberapa Hal Berikut Sebelum Berangkat KKN!

Sumber: telisik.id

Kuliah Kerja Nyata atau KKN menjadi salah satu mata kuliah yang wajib diikuti oleh beberapa mahasiswa di kampus tertentu. Mata kuliah ini dapat dikatakan berbeda dengan mata kuliah lainnya. Biasanya mahasiswa dalam mata kuliah tertentu hanya diminta untuk mendengarkan kuliah, melakukan presentasi, mengerjakan kuis dan tugas, dll. KKN adalah bentuk nyata dari apa yang telah mahasiswa pelajari selama di bangku kuliah sejak semester awal. Tidak hanya mencakup mata kuliah yang diajarkan, namun kemampuan sosial yang telah dipelajari selama kuliah akan terpakai selama KKN. Tentunya, mahasiswa perlu memperhatikan beberapa hal dalam mempersiapkan KKN. Berikut tips dan trik yang harus diperhatikan bagi mahasiswa dalam menyambut KKN.

1. Mempersiapkan fisik dan mental

Fisik dan mental adalah dua hal fundamental yang harus diperhatikan oleh seorang manusia. Tanpa kekuatan fisik, manusia tidak dapat melakukan pekerjaan dengan baik. Begitu pula dengan kondisi mental. Kesehatan mental juga menjadi hal yang wajib dimiliki karena kesehatan mental sangat mempengaruhi kondisi fisik seseorang.

2. Mempelajari sungguh sungguh materi kuliah dan kemampuan non akademik

Percaya tidak percaya, materi ataupun hal yang selama ini kita pelajari di kuliah akan sangat berguna bagi hidup kita kelak. Tentu juga akan diterapkan dalam mata kuliah KKN. Dalam hal ini, kita diminta untuk mengikuti perkuliahan dan belajar dengan sungguh-sungguh serta memperdalam kemampuan non akademik.

3. Belajar mengurus urusan rumah tangga

Dalam menjalani KKN, ada tuntutan pekerjaan rumah tangga yang harus dilakukan mahasiswa seperti memasak, mencuci, membersihkan rumah, dll. Hal ini dikarenakan KKN menjadi sarana bagi mahasiswa untuk melatih kemandirian dan merendahkan ego masing-masing.

4. Banyak berinteraksi dengan berbagai kalangan

Memperbanyak interaksi menjadi salah satu wadah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi. Terutama ketika kita bertemu dengan banyak orang yang berasal dari berbagai kalangan. Kemampuan berbicara dengan anak kecil, orang seumuran, ataupun dengan yang lebih tua akan berguna ketika digunakan dalam bermasyarakat.

5. Melatih emosi dan kedewasaan diri

Sebagai seorang manusia, pasti tidak pernah luput dari emosi. Namun, sebagai seorang manusia, kita harus bisa menempatkan dan mengatur emosi. Begitupula dengan kedewasaan dalam berpikir dan rasa tanggung jawab.

Nah, 5 hal di atas adalah beberapa tips yang harus diperhatikan dan dipersiapkan sebelum menyambut KKN. Walaupun hanya sekadar mata kuliah dengan 3 SKS, tentunya ada usaha lebih yang harus dilakukan untuk mencapai nilai baik dalam mata kuliah ini.

Leave a comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.