Apa itu Simwa dan Untuk Apa Fungsinya

Simpanan wajib harus dibayarkan rutin kepada koperasi/Foto: Getty Images/iStockphoto/sorrapong

Sobat Kopmania pasti udah nggak asing lagi sama istilah Simwa. Yes, betul banget! simwa adalah akronim dari kata simpanan wajib. Pada perkoperasian, simpanan wajib diartikan sebagai sejumlah simpanan tertentu yang wajib dibayar oleh anggota kepada koperasi dalam kurun waktu tertentu. Besar biaya dan tempo pembayaran simwa dapat berbeda antara satu koperasi dengan koperasi yang lain. Hal ini sesuai dengan kesepakatan dan aturan yang telah dibuat pada koperasi tersebut.

Sebagai contoh, Koperasi Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (Kopma UGM), hingga saat ini masih mewajibkan pembayaran simwa kepada anggotanya setiap satu bulan sekali. Besaran nominal simwa yang wajib dibayarkan anggota Kopma UGM sebesar 5000 rupiah. Simwa yang telah disetorkan tidak dapat ditarik kembali selama yang bersangkutan masih menjadi anggota koperasi.

            Sebelum melangkah lebih jauh mengenai fungsi simwa, perlu diketahui lebih dulu bahwa terdapat dua simpanan pada koperasi selain simwa. Kedua simpanan ini adalah simpanan pokok dan simpanan bebas atau sukarela. Singkatnya, simpanan pokok adalah simpanan yang harus dibayarkan pada saat pertama kali menjadi anggota koperasi. Simpanan pokok hanya dilakukan sekali selama menjadi anggota serta jumlahnya telah ditentukan oleh koperasi. Sedangkan simpanan sukarela tidak diwajibkan kepada anggota koperasi. Pembayaran simpanan sukarela dapat dilakukan kapan saja serta simpanannya dapat diambil setiap saat.

            Setelah mengenal ketiga simpanan yang ada pada koperasi, ada kesamaan yang terdapat pada simpanan pokok dan simwa. Kesamaan tersebut terletak pada pengambilan simpanan yang hanya dapat dilakukan ketika seorang anggota menggundurkan diri dari koperasi. Sedangkan simpanan sukarela bersifat tidak mengikat serta begitu fleksibel dapat diambil setiap saat, seperti tabungan pada umumnya.

            Perihal ini yang kemudian berkaitan dengan fungsi simpanan pokok dan simwa pada koperasi. Kedua simpanan tersebut berfungsi sebagai modal usaha koperasi. Modal usaha yang didapat dari anggotanya  kemudian akan dimanfaatkan untuk kembali mensejahterakan anggotanya serta mendapatkan keuntungan melalui jenis usaha koperasi masing-masing.

Oleh karenanya, simwa begitu penting untuk keberlangsungan usaha koperasi. Hayo, kapan terakhir kali kopmania membayar simwa. Usahain selalu tepat waktu setiap bulannya ya! Supaya kebelangsungan Kopma UGM dapat terus memberikan manfaat kepada anggota dan masyarakat di sekitarnya.

Leave a comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.