Jambore Koperasi Mahasiswa Nasional

Jambore Koperasi Mahasiswa Nasional (JKMN) merupakan kegiatan rutin tahunan untuk koperasi-koperasi mahasiswa di Indonesia. Pada tahun ini, Universitas Bengkulu berkesempatan menjadi tuan rumah dalam acara tersebut. Acara ini diikuti lebih dari 20 koperasi mahasiswa yang tersebar di seluruh Nusantara. Event ini berlangsung selama lima hari, yakni 1-4 Oktober 2015 yang bertempat di Pantai Panjang dan sekitar Kota Bengkulu.

Event Jambore Koperasi Mahasiswa Nasional merupakan event rutin yang diselenggarakan atas kerja sama FKKMI Pusat (Forum Komunikasi Koperasi Mahasiswa Indonesia) dengan Koperasi Mahasiswa tuan rumah. Sebelumnya JKMN telah diselenggarakan di Kopma UIN Sunan Kalijaga (2014), Kopma UNBRAW dan Kopma UNNES.

Mengusung tema“Eksplorasi Bumi Rafflesia bersama Kopma Se-Nusantara melalui Event Jambore”,acara ini terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan. Hari pertama, diselenggarakan acara Seminar Nasional Young Entrepreneur dengan pembicara, yakni: Ir. Tatik Ariyanti dari Kementrian Koperasi dan UMKM, M.Ridwan  (Wakil Rektor Universitas Bengkulu), dan M. Soleh (Alumnus Universitas Bengkulu). Pada kesempatan ini pula event JKMN resmi dibuka oleh Rektor Universitas Bengkulu. Sebelumnya, pada malam hari para peserta mengikuti acara ramah tamah dengan pihak Universitas Bengkulu terutama Kopma UNIB selaku tuan rumah.

Adapun perlombaan dalam event tahunan ini adalah lomba cerdas koperasi (LCK), Lomba Kopmaku 15 tahun mendatang, bujang gadis Kopma dan perlombaan-perlombaan lainnya. Lomba Bujang Gadis Kopma merupakan lomba yang ditunggu-tunggu para peserta, di mana para peserta dapat menampilkan seni kebudayaan daerah masing-masing lengkap dengan pakaian adatnya. Patut diapresiasi acara ini sebagai salah satu upaya untuk melestarikan kebudayaan daerah dengan peran aktif para mahasiswa.

Hari kedua, (2/10) diadakan lomba memasak seafood, lomba presentasi Kopmaku 15 tahun mendatang, dan acara Bujang-Gadis pada malam harinya yang diramaikan dengan semarak penampilan kebudayaan dari masing-masing daerah.Pada hari ketiga, acara diawali dengan lomba cipta sampah laut. Dalam lomba ini masing-masing tim menciptakan sebuah karya yang memiliki nilai tepat guna dan ekonomis dengan bahan baku dari sampah laut Bengkulu. Pada malam harinya, acara dilanjutkan dengan penutupan Jambore Koperasi Mahasiswa Nasional 2015. Minggu (4/10)hari terakhir, para peserta dan rombongan panitia berwisata ke Benteng Forg Marlborough, Rumah Bung Karno, wisata belanja ke Anggut, dan Masjid Jami’. Acara tersebut sekaligus menjadi acara sayonara.

Dalam acara Jambore kali ini, Koperasi “Kopma UGM” yang diwakili oleh Akhmad Faqihuddin, Noor Suhartono, Windarti Wahdaningrum, dan Woro Imas Pangestiti mendapatkan penghargaan sebagai Juara II Lomba Cerdas Cermat Koperasi. Banyak pengalaman dan pengetahuan baru yang kami peroleh dalam kegiatan ini. Semoga semangat dan solidaritas  para pemuda pun semakin kuat dalam menggerakkan perkoperasian demi kesejahteraan Indonesia.