Berlatih Kewirausahaan melalui Koperasi “Kopma UGM”

Universitas Gadjah Mada bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia dalam menyelenggarakan webinar Kuliah Kewirausahaan Pemuda Daring pada Kamis pagi (23/7). Prof. Dr. Didi Achjari, S.E., M.Com., Akt. selaku Pembina Koperasi “Kopma UGM” menjadi salah satu narasumber yang membawakan topik “Peran Koperasi ‘Kopma UGM’ dalam Penumbuhkembangan Semangat Kewirausahaan di Kalangan Mahasiswa”.

Koperasi “Kopma UGM” pada dasarnya adalah organisasi yang berbadan hukum koperasi sekaligus Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di lingkungan UGM. Menurut Didi, dengan dua kondisi tersebut, Koperasi “Kopma UGM” cukup unik karena ada konsekuensi-konsekuensi yang harus diikuti baik secara hukum maupun secara kegiatan kemahasiswaan dan terkadang aturan-aturan hukum tersebut tidak selalu pas atau sinkron dengan kegiatan UKM. Anggota dari koperasi “Kopma UGM” ini adalah orang per orang yang telah terdaftar sebagai anggota. Koperasi Kopma UGM berdiri pada 12 Maret 1982 dan mengalami evolusi dari kegiatan yang sebelumnya khusus internal mahasiswa UGM kemudian membuka diri untuk anggota-anggota dari luar UGM. Adapun beberapa layanan yang terdapat pada Koperasi “Kopma UGM”, diantaranya:

  1. Warparpostel

Warparpostel menyediakan jasa kurir JNE dan Pos Indonesia, foto copy dan print, agen laundry, voucher pulsa, acesories HP, servis laptop, sewa kamera, jasa warung telkom, fax, ticket box event, dan agen iklan media massa.

  1. Swalayan

Swalayan adalah salah satu divisi usaha Koperasi Konsumen “Kopma UGM” yang bergerak pada bidang bisnis retail. Swalayan terbentuk untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa yang semakin banyak.

  1. Konveksi dan Sablonase

Gamashirt bergerak di bidang produk dan jasa pakaian/konfeksi/mikro garmen. Produk-produk Gamashirt antara lain: kaos promosi, kaos raglan, polo shirt, training spack, seragam olah raga, seragam sekolah, seragam kerja, jas lab, jas almamater, kemeja pdl, jaket, sweater, hoodie, rompi, dan pakaian dinas.

  1. Kafetaria

Merupakan salah satu divisi di Koperasi Konsumen “Kopma UGM” yang bergerak di bidang kuliner dan geprek dengan sistem prasmanan. Buka pukul 08.00-21.00 WIB. Kafetaria juga menerima pesanan katering.

  1. Laporan Laba-Rugi

Untuk mengetahui pengelolaan Koperasi “Kopma UGM” oleh anggotanya, Didi juga menampilkan laporan laba-rugi tahun 2019 dengan total penjualan sebesar 7 miliar. Didi menilai, para mahasiswa mengelola uang yang sudah cukup besar tersebut tentu saja memerlukan integritas, government atau tata kelola yang baik dan pencatatan yang baik pula. Bagi para anggotanya, Koperasi “Kopma UGM” menjadi sarana untuk belajar terkait pengelolaan usaha yang secara finansial juga harus akuntabel.

  1. Kewirausahaan Anggota

Untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan kepada para anggotanya, Koperasi “Kopma UGM” memberi kesempatan anggotanya untuk berjualan dengan membuat produknya melalui koperasi, diantaranya:

– Galigo Coffee

Membuka café coffee sederhana yang menjual berbagai jenis minuman kopi dan makanan, menyediakan wifi dan tempat yang nyaman untuk mengerjakan tugas atau sekedar nongkrong.

– Dodolan Compucell

Usaha di bidang teknologi online yang menjual software original, handphone, dan komputer.

– Keripik pisang

Memproduksi keripik pisang berbagai rasa bersama teman-teman non anggota Kopma UGM.

– Kypud Silky Pudding

Snack ringan berupa pudding yang unik. Kypud memiliki rasa yang kekinian dikemas dengan kemasan yang menggemaskan.

– Sandal Gunung Haiger

Bisnis distribusi sandal gunung dari Mojokerjo yang bermerk haiger, sistem usaha dijalankan dengan pemesanan secara online.

– Pray Print

Usaha yang bergerak di bidang jasa dan teknologi berupa digital printing yang bisa order online dan bisa diantar.

  1. Gugus Komunitas Kewirausahaan

Merupakan salah satu gugus komunitas di Koperasi “Kopma UGM” yang mewadahi minat anggota dalam membuka usaha. Kegiatan dari Gugus Komunitas Kewirausahaan ialah salah satunya melakukan kunjungan ke berbagai tempat usaha di daerah Yogyakarta dan melakukan diskusi rutin.

Selain berbicara soal bisnis, Koperasi “Kopma UGM” juga melakukan pembinaan soft skills dalam pendidikan organisasi sebagai UKM, diantaranya:

  1. Cara berorganisasi yang baik
  2. Kemampuan komunikasi
  3. Kepemimpinan
  4. Manajemen konflik
  5. Perencanaan dan Penganggaran

Selanjutnya, juga terdapat program Srawung Virtual #1 Bersama Forum Pemuda Pemudi Sendowo (FPPS) via aplikasi daring video conference yang bertujuan untuk menjalin kembali silaturahmi antara Koperasi “Kopma UGM” dengan masyarakat Sendowo yang terdampak pandemi COVID-19.

Terkait dengan prestasi yang telah diraih oleh Koperasi “Kopma UGM” sejak berdirinya adalah terpilih menjadi salah satu Koperasi Berprestasi tahun 2018 oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) dan berhasil menunjukkan keunggulannya dengan menjadi pelopor Olimpiade Koperasi Siswa Nasional. Didi juga menampilkan rangkaian prestasi Koperasi “Kopma UGM” selama tahun 2018 dan 2019.

 

– Whafir Pramesty

Leave a comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.