Seluk-Beluk Koperasi “Kopma UGM” dalam Kopmaleidoskop 2020

Dalam rangka reorganisasi dan penyerapan sumber daya baru, Koperasi “Kopma UGM” sedang melangsungkan Kopmaleidoskop 2020 sejak 12 September hingga 10 Oktober 2020 nanti. Kopmaleidoskop 2020 merupakan suatu rangkaian acara tahunan untuk memperkenalkan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Koperasi “Kopma UGM”, khususnya pada mahasiswa baru, serta membuka kesempatan bagi mahasiswa UGM yang tertarik untuk bergabung dalam organisasi. Sedangkan tema “Kopmaleidoskop” sendiri berasal dari dua kata, yakni “Kopma” dan “Kaleidoskop”. Filosofi dari gabungan dua kata tersebut akan menjadi inti dari acara, yaitu melihat seluk beluk Koperasi “Kopma UGM” yang beraneka ragam melalui rangkaian kaleidoskop. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, UKM Koperasi “Kopma UGM” menggelar seluruh rangkaian acara perkenalan UKM tahun ini secara daring.

Setelah menginformasikan mengenai Opening Kopmaleidoskop pada 12 September 2020, pendaftaran anggota Koperasi “Kopma UGM” resmi dibuka sampai Closing Kopmaleidoskop, tepatnya pada 10 Oktober 2020. Proses reqruitment dilakukan secara online, informasi mengenai pendaftaran dapat dilihat di Instagram @kopmaugm. Selanjutnya, pada 13 September diadakan Sayembara Member get Member dan Kopmapedia. Bagi anggota yang mengikuti Sayembara Member get Member akan berkesempatan mendapatkan voucher setelah memenuhi syarat dan teknis tertentu. Sedangkan Kopmapedia adalah pengenalan gugus, komunitas, dan divisi usaha yang ada di Koperasi “Kopma UGM”, yang berlangsung sampai tanggal 16 September. Kopmapedia tersebut, diantaranya:

Gugus:
1. Speaking Club (SC)
Gugus ini menjadi wadah bagi para anggota koperasi “Kopma UGM” yang memiliki minat, bakat, serta keinginan untuk mengembangkan potensi diri dalam bidang komunikasi lisan dan public speaking. Seperti menjadi MC, moderator, penyiar, dan sebagainya. Kegiatan: upgrading, latihan rutin, job sebagai moderator dan MC di acara Kopma.
2. Kopma Design Center (KDC)
KDC menjadi wadah bagi anggota Koperasi “Kopma UGM” untuk mengembangkan minat dan bakat di bidang desain grafis. Tujuan dari KDC yaitu mengarahkan anggota Koperasi “Kopma UGM” pada penanaman ideologi koperasi, kepemimpinan, jiwa kewirausahaan, peningkatan kemampuan dan keterampilan teknis agar lebih aspiratif dan kreatif. Kegiatan: pelatihan design, dolan keakraban, KDC visit industry, srawung bersama pegiat design.
3. Trainer Community (TC)
TC berfokus pada pengembangan anggota untuk menjadi seorang trainer yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Kegiatan: mikro training indoor, mikro training outdoor, latihan rutin mingguan, mengisi job out bound, mengisi materi diksar Kopma UGM, sharing alumni.

Komunitas
1. Gerakan Cinta Koperasi (GCK)
GCK berfokus pada segala hal yang menyangkut tentang perkoperasian dan meningkatkan pengetahuan serta kesadaran akan pentingnya berkoperasi dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan: diskusi koperasi, kunjungan lembaga koperasi, latihan lomba rutin, konsolidasi, social project, suksesi & awarding.
2. Kewirausahaan
Kewirausahaan merupakan komunitas yang bertujuan mengembangkan potensi anggota di bidang kewirausahaan dengan melaksanakan berbagai kegiatan terkait bidang kewirausahaan dan pelatihan melalui penyaluran jasa secara tidak langsung baik secara individu oleh anggota maupun secara bersama-sama oleh anggota-anggota komunitas. Kegiatan: kunjungan kewirausahaan, lokakarya, mini seminar, tantangan kewirausahaan, mengelola kantin kejujuran.
3. Sport Society (SS)
SS mewadahi anggotanya yang berminat di bidang olahraga, baik secara outdoor maupun indoor. Komunitas SS ini mengajak anggota yang tertarik secara sukarela untuk ikut serta kegiatan-kegiatan rutin olahraganya. Kegiatan: olahraga rutin (badminton, futsal), e-sport.

Divisi Usaha
1. Konveksi dan Sablonase
Koperasi “Kopma UGM” memiliki bisnis yang bergerak menjual souvenir-souvenir atau produk khas Universitas Gadjah Mada yaitu Gamashirt. Produk yang ditawarkan yaitu pakaian, mulai dari jas lab hingga kaos. Tersedia juga sticker, gantungan kunci, mug, plakat, dan lain sebagainya. Produk Gamashirt juga dapat dibeli secara online di Shopee, Bukalapak, dan Tokopedia.
2. Waparpostel
Waparpostel Koperasi “Kopma UGM” menyediakan berbagai jasa, seperti JNE dan Pos Indonesia.
3. Swalayan
Swalayan terbentuk untuk menuntaskan masalah mahasiswa maupun masyarakat sekitar dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Swalayan menjual berbagai kebutuhan mulai dari snack, minuman, peralatan mandi, skin care, obat-obatan, parfum, dan lain sebagainya. Tersedia juga jasa delivery.
4. I See Milk
Koperasi “Kopma UGM” juga memiliki badan usaha yang menawarkan berbagai varian rasa susu murni, dingin maupun hangat.

Setelah Kopmapedia, Koperasi “Kopma UGM” mengadakan giveaway untuk umum. Giveaway ini dimulai dari tanggal 18 September sampai dengan 8 Oktober 2020. Dalam giveaway kali ini, peserta berkesempatan mendapatkan free hoodie, kaos, dan jam dinding. Selain itu, Koperasi “Kopma UGM” juga membagikan Voucher Free Simwa Satu Bulan untuk 100 pendaftar pertama. Bagi-bagi voucher ini dimulai dari tanggal 21 September sampai dengan 30 September 2020 dengan syarat dan ketentuan.

Selanjutnya, pada 24 September – 8 Oktober, Koperasi “Kopma UGM” mengadakan NGOPMA (Ngopi bareng Kopma). Ngopma merupakan acara bincang-bincang seputar dinamika berkegiatan di Koperasi “Kopma UGM”. Ngopma hadir enam kali dengan tema yang berbeda, diantaranya: Jurus Jadi Pengurus, Gerrr-nya Jadi Part-timer, Kopmania Prestatif: Cara Jadi Juara, Kabar Alumni, Serunya Guskom Kopma, Kopmapreneur: Bangun Usaha di Usia Muda. Ngopma ini diselenggarakan melalui live Instagram @kopmaugm. Dan rangkaian terakhir dari Kopmaleidoskop adalah Cooperative Workshop dan Closing Kopmaleidoskop yang diselenggarakan pada 10 Oktober 2020. Berbagai informasi lebih lanjut mengenai penyelenggaraan Kopmaleidoskop 2020 dapat dilihat pada Instagram @kopmaugm.

– Whafir Pramesty

Leave a comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.