Gebyar Perwira 2020: Langkah Nyata Koperasi ‘Kopma UGM’ Membangun Bangsa dengan Berwirausaha

Koperasi mahasiswa “Kopma UGM” sukses menggelar Puncak Pameran Kewirausahaan “Gebyar Perwira” Nasional 2020 pada 28-29 November 2020. Gebyar Perwira merupakan langkah nyata Koperasi “Kopma UGM” untuk memberikan wadah tumbuh bersama membangun bangsa dengan berwirausaha. Dengan mengangkat tema “Bersama Bangun Bangsa dengan Berwirausaha”, Gebyar Perwira 2020 terdiri dari serangkaian kegiatan yang diselenggarakan sejak awal bulan November

 

Ketua Umum Koperasi “Kopma UGM”, Amin Bachtiar, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pendidikan perkoperasian dan kewirausahaan adalah salah satu peran penting yang harus dilakukan untuk melahirkan insan koperasi yang dapat menjawab persoalan perekonomian untuk saat ini maupun di masa depan. Merespon hal itu, Koperasi “Kopma UGM” menggelar Pameran Kewirausahaan yang kemudian dinamai Gebyar Perwira Nasional 2020.

 

“Gebyar Perwira Nasional merupakan salah satu wujud kepedulian Koperasi ‘Kopma UGM’ dalam melakukan pendidikan perkoperasian dan kewirausahaan dalam pengembangan kader koperasi dan pelaku usaha,” ungkapnya.

 

Puncak acara Gebyar Perwira 2020 diselenggarakan melalui Zoom Meeting dan Youtube dengan konsep webinar dan talkshow yang menghadirkan narasumber dari latar belakang birokrasi, akademisi, dan praktisi di bidang kewirausahaan. Sebelumnya, pameran wirausaha virtual digelar menggunakan platform Instagram dan Tik Tok dengan menampilkan video dari bidang usaha terpilih yang terbagi dalam klaster koperasi, UMKM, start-up, dan sebagainya. Tak hanya itu, Gebyar Perwira 2020 juga mengadakan beberapa kompetisi lainnya, diantaranya adalah Lomba Business Plan dan Lomba Poster yang terbuka bagi mahasiswa di seluruh Indonesia.

 

Sementara pada acara webinar turut mengundang pembicara dari background birokrasi, yaitu Ir. Syahbenol Hasibuan, M.M (Ketua Dekopin Wilayah DIY). Pada kesempatan ini, beliau menyampaikan pemaparan terkait “Potensi Wirausaha di Era New Normal Guna Meningkatkan Kesejahteraan dan Perekonomian Nasional”. Kemudian, pembicara kedua dari background akademisi, yaitu Dr. Rangga Almahendra, S.T., M.M (Dosen FEB UGM, CEO AdiTV Jogja). Beliau membawakan materi “Mencetak Wirausahawan Muda Sukses dan Berkualitas dalam Menyongsong Indonesia Emas 2045”.

 

Hari berikutnya, dalam acara talkshow menghadirkan narasumber dari latar belakang praktisi, yaitu dr. Tirta Mandira Hudhi sebagai CEO Shoes and Care. Membawakan topik “Bersama Bangun Bangsa dengan Berwirausaha”, dr. Tirta menceritakan pengalaman pribadinya dalam membangun bisnis. Talkshow ini juga dimeriahkan oleh kehadiran Youtuber Danang Giri Sadewa sebagai host.

 

Pada akhirnya, Gebyar Perwira 2020 diharapkan dapat menjadi pemantik para pemuda untuk dapat berwirausaha, terlibat langsung dalam memajukan perekonomian bangsa. Serta, bermanfaat bagi para pelaku usaha untuk mengembangkan potensi dan peluang usaha yang lebih baik dengan membuka kesempatan untuk saling bekerja sama.

 

  • Whafir Pramesty

Leave a comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.