#Day1: Rapat Anggota Tahunan ke-39 Koperasi “Kopma UGM”

Setelah satu tahun berproses dan bekerja dalam gejolak tantangan pandemi, Koperasi “Kopma UGM” tepat pada hari Senin, 1 Februari 2021, melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke-39. Sebagai koperasi yang berjalan dengan sehat, Koperasi “Kopma UGM” wajib menyelenggarakan RAT sebagai bagian dalam kegiatan berproses dalam mengukur serta mengevaluasi pencapaian. Rapat Anggota Tahunan ke-39 berlangsung secara daring, melalui platform Zoom, dengan dihadiri oleh para tamu undangan, koperasi wilayah DIY, pembina, dan anggota Koperasi “Kopma UGM”. RAT dilangsungkan selama tiga hari terpisah, dimana RAT ke-39 hari pertama memiliki beberapa susunan kegiatan utama, di antaranya ada Persidangan Anggaran Dasar Rumah Tangga, Sisa Hasil Usaha (SHU), dan Laporan Pertanggungjawaban Kepengurusan.

Berlangsung dari pagi hingga malam hari, RAT ke-39 Koperasi “Kopma UGM” diawali dengan pembacaan doa, penyanyian lagu Indonesia Raya, Hymne Gadjah Mada, Mars Koperasi, dan Mars Kopma, serta sambutan pembukaan oleh beberapa tamu undangan. Sambutan pertama datang dari Ketua Umum Koperasi “Kopma UGM”, Amin Bahtiar, dilanjutkan sambutan oleh Pembina Koperasi “Kopma UGM”, Prof. Dr. Didi Achjari, S.E.Akt. M., Rektor UGM, Prof. Panut Mulyono, M. Eng., D. Eng., Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi DIY, Ir. Srie Nurkyatsiwi, M.MA, dan terkahir dari Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Drs. Teten Masduki. Drs. Teten Masduki sekaligus membuka acara Rapat Anggota Tahun ke-39 Koperasi “Kopma UGM”, dengan mengucap selamat serta apresiasi tinggi untuk seluruh pihak Koperasi “Kopma UGM” yang sudah turut membangun perekonomian nasional melalui pengembangan koperasi.

Sebelum mulai ke acara inti yaitu persidangan, acara pembukaan dimeriahkan oleh persembahan tarian hiburan dari Swagayugama, sebagai salah satu kelompok unit seni mahasiswa UGM. Acara lain dalam susunan pembukaan juga mengumumkan berbagai penghargaan sebagai bentuk apresiasi Koperasi “Kopma UGM”. Penghargaan ini meliputi pengumuman Gugus Komunitas Terbaik, Staff terbaik dan Honorable Mention, Karyawan Terbaik, serta Pemberian Beasiswa Anak Karyawan dan Karyawan. Acara berlangsung meriah dengan dihadiri oleh para tamu undangan dan anggota Koperasi “Kopma UGM”, walau hanya bertemu via layar secara daring. Penampilan musik nan merdu, menjadi acara transisi dari pembukaan menuju acara inti, persidangan. Geodesi Band, membawakan dua lagu indah, mengajak peserta pada room meeting untuk ikut bernyanyi dan bersiap memulai agenda selanjutnya.

Masuk ke acara inti RAT ke-39 Koperasi “Kopma UGM” diawali dengan penetapan tata tertib dan pemilihan perangkat persidangan. Jalannya persidangan dipimpin oleh seorang pimpinan sidang dan dibantu seorang sekretaris sidang. Pembacaan Laporan Pertanggungjawaban Kepengurusan menjadi agenda sidang pertama yang disampaikan oleh perangkat kepengurusan setahun ke belakang. Ada delapan departemen atau bidang secara bergantian membacakan pertanggungjawaban proses dan kinerjanya kepada seluruh anggota yang hadir, baik secara langsung ataupun via daring. Dari pembacaan laporan tersebut nantinya akan didiskusikan kembali perihal persetujuan dan atau penerimaan laporan oleh seluruh anggota koperasi.

Selain pembacaan Laporan Pertanggungjawaban Kepengurusan, acara inti persidangan dilanjutkan dengan Demisionari ADRT kepengurusan sebelumnya, Rasionalisasi Anggota, dan pembahasan Sisa Hasil Usaha (SHU) Koperasi “Kopma UGM”. RAT ke-39 terbagi ke dalam tiga hari persidangan. Dengan hari kedua persidangan akan berlangsung pada Selasa, 2 Februari 2021, dan sidang lanjutan pada hari Senin, 8 Februari 2021. Sebagai penutup persidangan hari pertama yang berlangsung hingga malam hari, Koperasi “Kopma UGM” juga melakukan pembacaan door prize dan evaluasi persidangan pertama.

Apresiasi disampaikan oleh para tamu undangan yang memberikan sambutan di awal ataupun juga rekan-rekan koperasi DIY lainnya, kepada penyelenggaran Rapat Anggota Tahunan ke-39 Koperasi “Kopma UGM”. Menteri Koperasi dan UKM, Drs. Teten Masduki dalam sambutannya berpesan agar, mari senantiasa bersama-sama membangun koperasi sebagai suatu bisnis model yang menjadi pilihan rasional berusaha di Indonesia.

(ayu pratiwi)

Leave a comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.