“Di Rumah Aja 101” : Tips dan Trik PPKM Produktif untuk Mahasiswa

Pemerintah telah mengumumkan bahwa akan menyelenggarakan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Darurat pada pertengahan tahun ini sehingga masyarakat dihimbau untuk tetap di rumah. Segala aktivitas seperti pembelajaran, rapat, dan pekerjaan lainnya dibatasi secara daring, sehingga mahasiswa menghabiskan kegiatannya di dalam rumah. Terkadang mahasiswa merasa bosan dan tidak tahu cara menghabiskan waktu di rumah saja, hingga tidak jarang waktu yang berharga digunakan untuk hal-hal yang tidak produktif. Maka dari itu, izinkan penulis untuk membagikan beberapa tips dan trik untuk mahasiswa agar menjalani PPKM dengan kegiatan yang tentunya memberikan banyak manfaat.

 

  1. Mencari magang (internship) daring

Magang atau internship memberikan banyak pengalaman serta menambah portofolio karir kita. Tidak jarang, banyak program magang yang memberikan kita insentif untuk menambah pemasukan kita. Berbagai perusahaan dan startup terutama yang bergerak di bidang jurnalistik dan informasi membuka berbagai program magang untuk para mahasiswa semester pertengahan hingga akhir. So, mari asah kemampuan kerja kita dan coba mendaftar berbagai program magang. Banyak info program magang yang bisa kita temui di berbagai sumber, seperti laman media sosial yang menawarkan informasi program magang yang beragam dan tentunya menawarkan berbagai manfaat.

2. Menambah skill baru

Waktu luang yang kita habiskan di rumah saja akan sangat produktif jika kita menggunakannya untuk menambah kemampuan baru seperti memasak, bermain alat musik, dan kemampuan lainnya. Ada banyak media dan metode untuk belajar kemampuan-kemampuan tersebut, seperti video tutorial yang dapat kita temukan di Youtube. Melalui Youtube kita juga dapat mengikuti berbagai pelatihan dasar berbagai kemampuan seperti bermain gitar dan memasak resep-resep masakan yang sederhana

3. Membaca buku

Sesuai dengan peribahasa, bahwa buku adalah jendela dunia. Buku nonfiksi maupun buku fiksi dapat mengasah kemampuan literasi kita sembari kita menghibur diri. Berbagai macam buku dapat kita baca seperti buku sejarah, buku novel, hingga buku-buku lainnya yang tentunya dapat menambah wawasan kita.

4. Berolahraga

Meskipun kita tidak dapat keluar rumah, kita dapat melakukan berbagai macam home workout. Kita dapat menemukan banyak video panduan olahraga yang dapat kita ikuti. Berolahraga di masa pandemi telah disepakati oleh berbagai ahli kesehatan sebagai salah satu cara utama untuk meningkatkan imun dan kesehatan kita secara umum.

5. Belajar bahasa asing

Bahasa asing adalah salah satu kemampuan yang wajib kita asah untuk masa depan kita. Berbagai macam bidang pekerjaan menuntut kita untuk menguasai bahasa asing, terutama bahasa Inggris. Waktu luang di rumah akan menjadi produktif jika kita mulai mempelajari bahasa asing. Banyak sekali kursus yang ditawarkan secara daring. Bahkan kita dapat menonton berbagai video pelatihan dasar bahasa asing melalui Youtube.

Nah, itulah 5 tips dan trik untuk membuat kegiatan di rumah saat menjalani PPKM menjadi produktif. Semoga bermanfaat!

Sumber gambar

https://www.freepik.com/vectors/health’>Health vector created by pikisuperstar – www.freepik.com

Leave a comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.