Varian Covid Delta : Lebih Mutakhir

Dunia berada pada kondisi buruk akibat terpaan virus Covid-19 yang terjadi pada kuartal akhir tahun 2019. Kemerosotan kondisi ekonomi, penurunan kualitas pembelajaran dan kepanikan adalah salah satu  akibat yang ditimbulkan virus ini. Indonesia sendiri saat ini sedang mengalami fase kritisnya. Hal ini dibuktikan dengan  beberapa fakta yang terjadi di lapangan, seperti meningkatnya angka kematian akibat infeksi, menurunnya kebugaran nakes akibat bertugas tanpa henti, dan melonjaknya jumlah orang yang terinfeksi. Belum selesai melewati masa kritis, datang lagi varian Covid-19 terbaru. Terdapat tiga varian Covid-19 yang baru, yaitu varian Alpha, varian Delta, dan varian Beta. Di antara ketiga varian baru tersebut, yang paling mutakhir adalah varian Delta.  Meski demikian, warga harus selalu berhati-hati. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati, kasus pasien yang terinfeksi varian Delta Plus.

Lantas timbul pertanyaan, bagaimana varian Delta ini menyebar? Bagaimana metode infeksinya? Ketika varian Covid-19 biasa pada tahun 2019 membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk menular, maka varian Delta disebut hanya membutuhkan waktu lima hingga sepuluh detik untuk menginfeksi korbannya. Pada bulan April 2020, WHO mengumumkan bahwa varian Delta dapat menyebar melalui aliran udara. Berada dalam satu aliran udara dengan seorang penderita dapat menyebabkan infeksi.

Sudah sepantasnya bagi kita semua untuk mengetahui dan memahami gejala-gejala yang disebabkan varian Delta. Hal ini perlu kita ketahui sebagai bentuk ikhtiar kita menghadapi pandemi. Berikut karakteristik infeksi varian Delta.

  1. Sakit Perut
  2. Mual
  3. Sakit kepala
  4. Sakit tenggorokan
  5. Pilek
  6. Demam.

Apabila merasakan beberapa gejala di atas, Kopmania dapat segera menghubungi rumah sakit terdekat untuk melakukan check. Lebih baik mengobati sedari dini dibanding menghadapinya saat parah. Selain mengetahui gejala-gejala varian Delta, kita tentunya juga harus mengetahui tindakan preventif apa saja yang bisa diambil. Berikut beberapa tindakan preventif yang dapat dilakukan.

  1. Kenakan masker (2 lapis lebih baik)
  2. Cuci tangan dengan air bersih mengalir
  3. Hindari tempat ramai yang tertutup
  4. Jaga pola makan
  5. Jaga jarak setidaknya satu meter.

Dalam kondisi seperti saat ini, pengetahuan terkait informasi terbaru virus Covid-19 sangatlah berguna dan bermanfaat. Lakukanlah hal-hal preventif di atas sebagai salah satu bentuk usaha kita. Virus varian Delta memang sangatlah buas, akan tetapi dengan do’a dan usaha, Tuhan akan menjaganya dari kita. Salam sehat Kopmania!

 

Sumber gambar sampul : halodoc.com

Leave a comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.