Maba Wajib Tahu! Berikut Tips Berhemat ala Mahasiswa

Di awal bulan Agustus yang cerah ini, kita sudah pasti tahu bahwa hari ini PPSMB UGM sudah dimulai. Selamat untuk kalian mahasiswa baru! Mulai hari ini, kalian akan menyandang gelar sebagai mahasiswa baru dan tentunya akan menjajaki tahap kehidupan yang belum pernah kalian alami sebelumnya.

Sebagai mahasiswa, tentunya ada beberapa aspek yang berbeda dari kehidupan semasa sekolah. Mulai dari pilihan kelas yang diambil, pelajaran kehidupan, hingga pengaturan keuangan. Pengeluaran saat masih sekolah tentunya akan sangat berbeda dengan pengeluaran yang dipakai semasa bangku kuliah. Mengingat biaya kehidupan kampus tidak hanya seputar biaya makan saja, tapi meliputi biaya hidup sehari-hari, biaya bensin atau transportasi, dll. Kalau menyewa kost atau asrama pun, biaya yang dikeluarkan akan semakin banyak. Belum lagi, kalau teman-teman mengajak pergi keluar untuk nongkrong beberapa kali dalam sebulan. Tentunya, akan semakin banyak uang yang dikeluarkan. Untuk itu, kita perlu mengetahui cara menghemat uang terutama untuk mahasiswa.

Catat list pengeluaran

Ini merupakan tips paling penting dalam konsep berhemat. Dalam kehidupan sehari-hari, tentunya tidak terlepas dari adanya pengeluaran. Satu hari pun, terhitung kita sudah mengeluarkan dana lebih dari satu kali. Dengan hal ini, kita perlu mencatat rencana pengeluaran agar perencanaan keuangan lebih tertata.

Buat skala prioritas

Tidak semua pengeluaran sehari-hari harus dikeluarkan dalam satu waktu. Dengan begitu, kita perlu mengatur skala prioritas dari masing-masing kebutuhan yang akan dibeli. Misalnya, dalam sehari kita harus dapat memikirkan apa saja pengeluaran yang penting dan apa saja pengeluaran yang dapat ditunda besok ataupun suatu hari nanti. Melalui cara ini kita dapat terhindar dari keinginan untuk membeli barang secara impulsif.

Manfaatkan fasilitas kampus

Semua kampus pasti menyediakan fasilitas yang dapat dimanfaatkan secara cuma-cuma oleh mahasiswanya. Seperti halnya kita sebagai mahasiswa UGM, beberapa fasilitas gratis dapat kita manfaatkan seperti Wi-Fi gratis, toyagama, sepeda kampus, dll. Dengan begitu, beberapa pengeluaran dapat kita tekan.

Membawa bekal

Tidak ada salahnya bagi mahasiswa untuk belajar memasak dan membuat bekal. Dengan modal yang tidak mahal, kita dapat membuat lauk sederhana dan bergizi. Hanya dengan melihat referensi dari internet, kita dapat membuat makanan yang lezat tanpa ribet. Selain dapat meningkatkan kemampuan memasak, kota dapat banyak menghemat uang dengan membuat bekal makan.

Menabung

Cara ini menjadi tips yang selalu dilakukan saat mulai berhemat. Menyisihkan uang untuk ditabung juga dapat menyeimbangkan pemasukan dan pengeluaran kita. Semakin banyak kita berhemat dengan menabung, maka simpanan kita untuk hal-hal darurat semakin banyak.

Cari peluang

Saat ini, banyak sekali kesempatan yang dapat dimanfaatkan mahasiswa. Salah satunya dengan menggunakan kartu mahasiswa. Banyak benefit yang bisa kita dapatkan melalui penggunaan kartu mahasiswa seperti potongan harga dan juga untuk perlombaan atau kompetisi tingkat universitas.

Leave a comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.