Tonggak-Tonggak Koperasi Indonesia

Sebagaimana kita ketahui bersama, dalam suatu kejadian tentulah terdapat peran manusia dibelakangnya. Contoh konkretnya yaitu ketika kita mendengar “Perang Dunia II”, maka yang langsung terbersit di pikiran adalah sejumlah nama, seperti Adolf Hitler, Benjamin Roosevelt, Stalin, Marsekal Zhukov, dan seterusnya. Begitu juga dengan koperasi, terdapat beberapa tokoh koperasi yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi Kopmania, namun ada juga beberapa tokoh  yang belum pernah terdengar di telinga. Nah, berikut beberapa tokoh yang berjasa bagi perkoperasian Indonesia.

  1. Muhammad Hatta

Selain dikenal sebagai salah seorang proklamator kemerdekaan Indonesia, Mohammad Hatta atau panggilan akrabnya Bung Hatta juga dikenal sebagai Bapak Koperasi Indonesia. Beliau memberikan sumbangsih yang besar bagi Perkoperasian Indonesia. Salah satu peran beliau adalah sebagai peletak dasar-dasar koperasi dan pelatih pendidikan kader koperasi. Bung Hatta diangkat sebagai Bapak Koperasi Indonesia pada tanggal 17 Juli 1953 di Bandung.

      2. Agus Sudono

Bagi sebagian orang, nama Agus Sudono bukanlah nama yang sering terlintas. Namun, bagi para buruh, nama beliau sangatlah sering dijumpai. Hal ini bukanlah tanpa sebab, sejak kecil beliau sudah memperhatikan para pekerja pabrik gula di lingkungan dekat rumahnya. Beliau merasa bahwa para pekerja tersebut sebenarnya mampu untuk menyejahterakan diri mereka. Berdasarkan pemikirannya, beliau mendirikan INKOPKAR (Induk Koperasi Karyawan).

     3. Prof. Dr. Sri Edi Swasono

Pemikiran beliau yang menyatakan bahwasannya koperasi harus menjadi ‘sokoguru bagi perekonomian Indonesia’ sangatlah terkenal. Selain itu, beliau juga menjadi menantu dari Bapak Perekonomian Indonesia, Bung Hatta.

     4. Eddiwan

Eddiwan dikenal sebagai salah satu tonggak koperasi pada masa awal kemerdekaan Indonesia. Beliau adalah seorang tokoh yang sangat disayangi di seantero Indonesia. Beliau merupakan salah seorang pengembang koperasi perikanan dan juga penggagas dari Bank Koperasi atau Bukopin.

     5. Ir. Mohammad Iqbal

Terdapat seorang tokoh yang muncul dan berkembang dari kalangan pemuda dan mahasiswa. Ialah Ir. Mohammad Iqbal, seorang penggagas koperasi sekunder bagi mahasiswa yang direalisasikan pada tanggal 11 Juni 1981 dengan nama Kopindo atau Koperasi Pemuda Indonesia. Segera setelah koperasi ini tegak di atas bumi, muncul dukungan dari berbagai koperasi lainnya.

Demikian adalah beberapa tokoh koperasi Indonesia. Kita sebagai generasi muda koperasi sejatinya dapat mengambil inspirasi dari semangat para tokoh tersebut untuk mengembangkan dan terus meningkatkan kualitas koperasi. Salam semangat Kopmania!

Leave a comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.